MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MENEMPEL BERBAGAI BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK B TK NEGERI SATU ATAP GEDUNG AGUNG KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Septiana, Septiana and I , Wayan Dharmayana and Imranuddin, Imranuddin (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MENEMPEL BERBAGAI BIJI-BIJIAN PADA KELOMPOK B TK NEGERI SATU ATAP GEDUNG AGUNG KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sep.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sep.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan menempel dengan biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Negeri Satu Atap Gedung Agung Kabupaten Bengkulu Selatan dan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menempel dengan biji-bijian pada kelompok B TK Negeri Satu Atap Gedung Agung Kabupaten Bengkulu Selatan. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam 4 (empat) langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, melakukan observasi dan evaluasi dan melakukan refleksi dan dilakukan berulang-ulang dan terdiri dari beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B TK Negeri Satu Atap Gedung Agung Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan anak dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana yaitu persentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh pencapaian tertinggi indikator penilaian pada siklus I yaitu 60% sedangkan pada siklus II pencapaian tertinggi indicator penilaian yaitu 93,33% yang berarti terdapat peningkatan dari siklus pertama dan kedua sehingga meninjukkan bahwa kemampuan motoric halus anak dapat meningkat melalui kegiatan menempel berbagai biji-bijian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 11:20
Last Modified: 20 Jan 2015 11:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item