UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE UNTUK ANAK USIA DINI PADA PAUD RAESACHANIKA KELURAHAN KOTA PADANG

Romaitaheti, Romaitaheti and Saszili , Muchtar and Delrefi , D (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE UNTUK ANAK USIA DINI PADA PAUD RAESACHANIKA KELURAHAN KOTA PADANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-rom.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-rom.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce Pada Anak PAUD Raesachanika Adapun tujuan secara khususnya 1). Untuk Meningkatkan Keterampilan motorik halus anak Pada PAUD Raesachanika Kelurahan Kotapadang dengan menggunakan media pendekatan meronce . 2). Untuk Meningkatkan kualitas pembelajaran Pada PAUD Raesachanika Kotapadang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dan dilaksanakan dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 14 September 2014. Teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada siklus 1 dari data observasi terhadap kegiatan guru dan anak yang diamati oleh dua orang observer belum berhasil sedangkan persentase ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 63,63%. Adapun hasil dari tindakan kelas siklus II berdasarkan observasi terhadap kegiatan guru dan siswa sudah berhasil dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 81,81%. Jika 80 % anak sudah meningkat keterampilan motorik halusnya dengan pemanfaatan media meronce, maka sudah mencapai keberhasilan, pada siklus kedua ini anak sudah mencapai 81,81 %, maka pada siklus kedua ini sudah mencapai tingkat keberhasilan. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan kegiatan meronce sebagai upaya peningkatan keterampilan motorik halus anak terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 13:01
Last Modified: 20 Jan 2015 13:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item