PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN PASIR PADA KELOMPOK B PAUD MELATI BINAAN DHARMA WANITA KABUPATEN REJANG LEBONG

Indriyani , Ria and Sazili , Muchtar and Delrefi, Delrefi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN PASIR PADA KELOMPOK B PAUD MELATI BINAAN DHARMA WANITA KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ria.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ria.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan melukis dengan pasir dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklus tiga kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi hasil belajar anak. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan menggunakan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Dari analisis data menunjukan pada siklus I diperoleh ketuntasan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 63,3 % dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,3, dengan peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 20%. Pada lembar observasi aktivitas guru siklus I diperoleh persentase keberhasilan sebesar 74% dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh persetase keberhasilan sebesar 80% dengan kriteria sangat baik. Dari analisis data menunjukan bahwa melalui kegiatan melukis dengan pasir dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada kelompok B PAUD Melati Binaan Dharma Wanita Kabupaten Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 14:00
Last Modified: 20 Jan 2015 14:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item