PENERAPAN BERMAIN UKURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA PADA KELOMPOK B PAUD MUTIARA KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Haryanti, Respi and I , Wayan Dharmayana and Imranuddin, Imranuddin (2015) PENERAPAN BERMAIN UKURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA PADA KELOMPOK B PAUD MUTIARA KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-res.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-res.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah kegiatan bermain ukuran dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak di kelompok B PAUD Mutiara Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dan untuk mengetahui cara meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui kegiatan bermain ukuran di kelompok B PAUD Mutiara Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam 4 (empat) langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, melakukan observasi dan evaluasi dan melakukan refleksi dan dilakukan berulang-ulang dan terdiri dari beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B1 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 13 orang yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan anak dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana yaitu persentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh pencapaian tertinggi indikator penilaian pada siklus I yaitu 69,23% sedangkan pada siklus II pencapaian tertinggi indikator penilaian yaitu 92,31% yang berarti terdapat peningkatan dari siklus pertama dan kedua sehingga meninjukkan bahwa kemampuan logika matematika anak dapat meningkat melalui penerapan bermain ukuran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 14:08
Last Modified: 20 Jan 2015 14:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item