MENINGKATKAN KEMAMPUAN LINGUISTIK ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK GERAK DI TK HARAPAN IBU DESA SELUBUK KECAMATAN AIR NAPAL KABUPATEN BENGKULU UTARA TAHUN 2014

Yulita, Reni and Nina , Kurniah and Rita , Sinthia (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN LINGUISTIK ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK GERAK DI TK HARAPAN IBU DESA SELUBUK KECAMATAN AIR NAPAL KABUPATEN BENGKULU UTARA TAHUN 2014. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ren.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ren.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana meningkatkan kecerdasan linguistik melalui permainan tebak gerak di TK Harapan Ibu Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus , dimana setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 15 orang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembaran observasi. Data diolah dengan teknik analisis deskriptif yang bersifat kuantitatif dan kualitatif yang berbentuk tindakan kelas. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus mengalami peningkatan pada setiap aspek yang dikembangkan walaupun masih ada anak yang mengalami kesulitan. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2, frekuensi jumlah anak yang mampu menguasai setiap aspek dengan baik semakin meningkat hingga mencapai angka 80%. Hal ini menunjukkan bahwa permainan tebak gerak dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui Permainan Tebak Gerak, kecerdasan linguistik anak Taman Kanak-kanak Harapan Ibu Desa Selubuk Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara tahun ajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 14:17
Last Modified: 20 Jan 2015 14:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item View Item