UPAYA MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR MELALUI PERMAINAN RAKYAT (CUE CET) DI KELOMPOK B PAUD CAHAYA ANANDAKECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG

Lestari, Putri Chintia and Sazili , Muchtar and Delrefi, Delrefi (2015) UPAYA MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR MELALUI PERMAINAN RAKYAT (CUE CET) DI KELOMPOK B PAUD CAHAYA ANANDAKECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II.III.III-14-put.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP.III-14-put.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar anak usia dini kelompok B PAUD Cahaya ananda Kabupaten Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong pada kegiatan Permainan Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan pelakasanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B. pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Data di olah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai total setiap siswa. Nilai rata-rata, presentase daya serap, ketuntasan belajar, dan rata-rata skor interval. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kegiatan Permainan Rakyat dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas siswa, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar, 20%, 50%, tetapi masih di lanjutkan pada siklus II agar perkembangan keterampilan motorik halus harus lebih berkembang dengan baik dan optimal, nilai rata-rata siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 65%, 90%. Pada siklus II ini, tingkat ketuntasan secara klasikal, anak sudah mencapai 90%. Secara klasikal anak sudah mencapai kriteria penilaian dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 14:47
Last Modified: 20 Jan 2015 14:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item