PENERAPAN PERMAINAN MENGHUBUNGKAN MEDIA GAMBAR DAN ANGKA DENGAN BERBANTUAN LCD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD MELATI KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Sari , Puspita (2015) PENERAPAN PERMAINAN MENGHUBUNGKAN MEDIA GAMBAR DAN ANGKA DENGAN BERBANTUAN LCD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD MELATI KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-pus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (651kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-pus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan permainan menghubungkan media gambar dan angka dengan berbantuan LCD untuk meningkatankan kemampuan mengenal angka kelompok B PAUD Melati Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode Penelitian Tindakan Kelas yaitu bertujuan untuk upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media gambar dan angka dengan berbantuan LCD. Penelitian ini dilaksanakan dengan berkolaborasi (bekerja sama) dengan guru lain untuk meningkatkan dalam penelitian. Subjek penelitian yaitu anak-anak PAUD Melati Kota Manna. Jumlah anak sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yang terdiri dari observasi guru dan anak dan lembar penilaian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilaksanakan dengan persentase. Data dikumpulkan untuk melihat keberhasilan anak dalam permainan menghubungkan media gambar dan angka dengan berbantuan LCD untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak. Nilai rata-rata mengalami peningkatan pada setiap siklus yaitu pada siklus I sebesar 73,33% sedangkan pada nilai rata-rata pada siklus II sebesar 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan pembelajaran permainan menghubungkan media gambar dan angka dengan berbantuan LCD untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompoB PAUD Melati Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 14:56
Last Modified: 20 Jan 2015 14:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item