POTENSI CADANGAN KAR BON PADA BERBAGAI JENIS TEGAKAN DI HUTAN KEMASYARAKATAN (HKM) DESA AIR LANANG KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG

Suhartoyo, Hery and Agus , Susatya and Septia , Wulandari (2015) POTENSI CADANGAN KAR BON PADA BERBAGAI JENIS TEGAKAN DI HUTAN KEMASYARAKATAN (HKM) DESA AIR LANANG KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sep-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sep-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Hutan kemasyarakatan adalah hutan negara yang pemanfaatan utamanya ditujukan untuk memberdayakan masyarakat setempat. salah – satu peranan hutan adalah mengurangi emisi gas rumah kaca, maka perlu banyak penelitian tentang perhitungan karbon dalam biomassa. Salah satu aspek penelitian yang penting adalah mengetahui potensi cadangan karbon pada hutan kemasyarakatan di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan Menghitung potensi cadangan karbon di hutan kemasyarakatan Desa Air Lebong dan menganalisis nilai ekonomi dari perhitungan potensi cadangan karbon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode non-destructive dengan rumus allometrik. dan pembagian kuisioner pada masyarakat pelaku HKM.. Adapun hasil yang didapat pada penelitian ini adalah tipe tegakan kemiri dan pinang sebagai tanaman pagar nilai cadangan karbon yang dihasilkan adalah 30,05 ton/ha . Pada tegakan johar – kopi dan pinang nilai cadangan karbon nya adalah 2.28 ton/ha. Pada Tipe tegakan sedikit kemiri – kopi dan pinang, nilai cadangan karbon yang dihasilkan adalah 4.7 ton/ha.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 22 Jan 2015 14:29
Last Modified: 22 Jan 2015 14:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item