STUDI SEBARAN KOLONI RAFFLESIA ARNOLDII R. BR DI KAWASAN HUTAN LINDUNG DESA RINDU HATI KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Hutoyo, Tri and Agus , Sustya and Hery , Suhartoyo (2015) STUDI SEBARAN KOLONI RAFFLESIA ARNOLDII R. BR DI KAWASAN HUTAN LINDUNG DESA RINDU HATI KECAMATAN TABA PENANJUNG KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-tri-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (26MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-tri-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (27MB)

Abstract

Hutan merupakan sumber daya alam dan komponen lingkungan hidup yang amat penting. Disamping sebagai pelindung tanaman, mengatur tata air dan iklim, hutan juga merupakan persekutuan hidup suatu ekosistem yang sering disebut sebagai ekosistem hutan, dimana didalamnya terdapat flora dan fauna. Di indonesia, hutan dengan keanekaragaman yang sangat tinggi memiliki jenis tumbuhan langka seperti tumbuhan Rafflesia. Tumbuhan Rafflesia merupakan tumbuhan parasit sejati yang hidup di inangnya (Tetrastigma sp) dan penyebarannya diwilayah tropis dengan 25 jenis yang tersebar seasia-tenggara. Terkhusus di bengkulu terdapat 4 jenis yang tersebar di 9 kabupaten dan salah satunya terdapat di kabupaten Bengkulu Tengah tepatnya deskitar Hutan Lindung Desa Rindu Hati Kecamatan taba penanjung dengan jenis Rafflesia arnoldii. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sebaran koloni Rafflesia arnoldii dan mendeskripsikan kondisi lingkungannya sehingga ini dapat bermanfaat nantinya untuk tujuan dari setiap program konservasi baik secara Ek-situ dan In-situ. Data yang di dapat, bisa menjadi sumber untuk penelitian selanjutnya dalam hal yang berkaitan. Pelaksanaan penelitian ini di mulai dari tahap survey pada bulan Desember 2013. Sedangkan pengambilan data dari April-Sepetember 2014 dengan metode eksplorasi deskriptif kuantitatif. Di kawasan Hutan Lindung Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung berdasarkan data ketinggian tempat antara 491-540 m dpl dengan koloni tertinggi di 7 titik dan 38 kuncup dengan seluruh total 15 titik dan 83 kuncup pada ukuran diameter, kelas umur, fase pertumbuh yang berbeda merupakan titik optimum tumbuh dan berkembangnya Rafflesia arnoldii. Di lokasi penelitian ini juga dengan iklim tife A (sangat basah), intensitas cahaya berkisar 402-703 lux, ketebalan seresah 1,2-3,2 cm, kelembaban 95105%, pH meter 5-6,8 dan suhu 25-27⁰C, kemiringan 9˚ - 40˚ merupakan kondisi habitat yang paling baik untuk pertumbuhan Rafflesia Arnoldii.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 22 Jan 2015 15:15
Last Modified: 22 Jan 2015 15:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item