PENGARUH ENKAPSULASI MINYAK IKAN LEMURU DALAM RANSUM BERBASIS LUMPUR SAWIT FERMENTASI DAN EKSTRAK DAUN KATUK TERHADAP JUMLAH FOLIKEL DAN BERAT ORGAN REPRODUKSI AYAM RAS PETELUR

Yusuf, Muhammad and Yosi , Fenita and Tatik , Suteky (2015) PENGARUH ENKAPSULASI MINYAK IKAN LEMURU DALAM RANSUM BERBASIS LUMPUR SAWIT FERMENTASI DAN EKSTRAK DAUN KATUK TERHADAP JUMLAH FOLIKEL DAN BERAT ORGAN REPRODUKSI AYAM RAS PETELUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-muh-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-muh-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan usaha ayam ras petelur di Indonesia masih banyak menemui kendala. Mahalnya harga bahan pakan dan rendahnya tingkat ketersediaan di dalam negeri membuat efisiensi produktivitas usaha ini rendah. Diperlukan bahan pakan alternatif yang mampu menggantikan bahan pakan impor sehingga efisiensi produktivitas usaha ini dapat diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan enkapsulasi minyak ikan lemuru (EML) dalam ransum berbasis lumpur sawit fermentasi (LSF) dan ekstrak daun katuk (EDK) terhadap jumlah folikel dan berat organ reproduksi ayam ras petelur. Penelitian ini menggunakan 50 ekor ayam petelur namun yang digunakan sebagai sampling adalah 16 ekor ayam petelur fase produksi 7 bulan yang terbagi 4 perlakuan dengan 4 ulangan dan setiap ulangan berisi 1 ekor yang ditempatkan secara acak pada kandang sistem battery. Perlakuan terdiri dari P0 (ransum dengan 15% LSF, 0,6% EDK dan 3% Minyak Ikan Lemuru), P1 (ransum dengan 15% LSF; 0,6% EDK; 2,5% EML), P2 (ransum dengan 15% LSF; 0,6% EDK; 5,0% EML) dan P3 (ransum dengan 15% LSF; 0,6% EDK; 7,5% EML). Hasil penelitian menunjukkan bahwa enkapsulasi minyak ikan lemuru dalam ransum berbasis lumpur sawit fermentasi dan ekstrak daun katuk berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap berat ovarium dan berat organ reproduksi ayam ras petelur, namun berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap jumlah folikel. Uji lanjut untuk jumlah folikel menunjukkan P0 dan P3 tidak berbeda (P>0,05) nyata dengan P1, tetapi nyata (P<0,05) lebih tinggi dibanding P2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan enkapsulasi minyak ikan lemuru pada ransum berbasis lumpur sawit fermentasi dan ekstrak daun katuk pada level 2,5%; 5,0% dan 7,5% belum mampu meningkatkan berat ovarium dan berat organ reproduksi ayam ras petelur, namun penggunaan EML pada level 5% dapat menurunkan jumlah folikel ayam ras petelur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 26 Jan 2015 11:05
Last Modified: 26 Jan 2015 11:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item View Item