PENGGUNAAN ENKAPSULASI MINYAK IKAN LEMURU DALAM RANSUM BERBASIS LUMPUR SAWIT FERMENTASI DAN EKSTRAK DAUN KATUK TERHADAP KUALITAS TELUR AYAM RAS DI DESA SRIKATON

Kurnia, Riska and Kususiyah, Kususiyah and Desia , Kaharuddin (2015) PENGGUNAAN ENKAPSULASI MINYAK IKAN LEMURU DALAM RANSUM BERBASIS LUMPUR SAWIT FERMENTASI DAN EKSTRAK DAUN KATUK TERHADAP KUALITAS TELUR AYAM RAS DI DESA SRIKATON. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ris-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ris-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Budidaya ayam ras petelur di Desa Srikaton sering kali dihadapkan pada melonjaknya harga bahan pakan; seperti konsentrat, jagung dan dedak. Desa Srikaton merupakan desa yang menghasilkan kelapa sawit, dan dekat dengan pabrik pengolahan sawit, dimana dari pabrik tersebut menghasilkan limbah lumpur sawit. Untuk menekan biaya produksi, melalui teknologi sederhana limbah lumpur sawit disinyalir dapat digunakan sebagai campuran bahan pakan ayam petelur tanpa berdampak negatif terhadap kualitas telurnya. Saat ini diantara konsumen mengharapkan telur dengan kualitas baik, yang mengandung omega 3 dan rendah kolesterol. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas telur adalah dengan memberikan enkapsulasi minyak ikan lemuru dalam ransum berbasis lumpur sawit fermetasi dan ekstrak daun katuk. Produk enkapsulasi minyak ikan lemuru, lumpur sawit dan ekstrak daun katuk yang kaya akan betakaroten dan omega 3 berpotensi meningkatkan warna yolk dan menurunkan kandungan kolesterol yolk. Penggunaan enkapsulasi minyak ikan lemuru dalam ransum berbasis lumpur sawit fermentasi dan ekstrak daun katuk dapat menurunkan penggunaan jagung dan dedak sehingga dapat menekan biaya pakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan enkapsulasi minyak ikan lemuru dalam ransum berbasis lumpur sawit fermentasi dan ekstrak daun katuk terhadap kualitas telur ayam ras di Desa Srikaton. Sebanyak 60 ekor ayam betina produktif umur 9 bulan dibagi kedalam 2 perlakuan dengan 30 sampel. Variabel yang diamati dalam penentuan kualitas telur adalah indeks albumen, indeks yolk, warna yolk, persentase berat yolk, tebal kerabang dan tinggi rongga udara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Pemberian enkapsulasi minyak ikan lemuru (EML) dalam ransum berbasis lumpur sawit fermentasi (LSF) dan ekstrak daun katuk (EDK) tidak menurunkan indeks albumen, persentase berat yolk, tebal kerabang, namun pemberian EML 5%, LSF 15% dan EDK 0,6 % memperbaiki warna yolk, indeks yolk, dan tinggi rongga udara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 26 Jan 2015 13:56
Last Modified: 26 Jan 2015 13:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item