PENGARUH EKSTRAK DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNUS) DALAM RANSUM TERHADAP PROFIL DARAH PADA AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN PROTEIN RENDAH

Aprilianti, Vera and Heri , Dwi Putranto and Tatik , Suteky (2015) PENGARUH EKSTRAK DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNUS) DALAM RANSUM TERHADAP PROFIL DARAH PADA AYAM BROILER YANG DIBERI PAKAN PROTEIN RENDAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ver-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ver-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Profil darah pada hewan merupakan salah satu indikator untuk menganalisis produktivitas ternak. Darah merupakan salah satu parameter untuk mengetahui status kesehatan ternak yang mempunyai fungsi penting dalam fisiologi tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh ekstrak daun katuk (Sauropus androgynus) dalam ransum terhadap profil darah pada ayam broiler yang diberi pakan protein rendah. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). Ayam broiler yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 84 ekor ayam broiler berumur 21 hari, dengan 7 perlakuan dan setiap perlakuan terdiri dari 3 ulangan. Perlakuan dibedakan berdasarkan level penggunaan ekstrak daun katuk dan protein. Perlakuan terdiri dari P0 (0g EDK/kg ransum dengan 19% protein), P1 (4,5g EDK/kg ransum dengan 19% protein), P2 (4,5g EDK/kg ransum dengan 17% protein), P3 (4,5g EDK/kg ransum dengan 15% protein), P4 (9g EDK/kg ransum dengan 19% protein), P5 (9g EDK/kg ransum dengan 17% protein), P6 (9g EDK/kg ransum dengan 15% protein). Variabel yang diamati adalah Sel Darah Merah (SDM), Sel Darah Putih (SDP), Hemoglobin (Hb), Packed Cell Volume (PCV), Mean Corpuscular Volume (MCV), Mean Corpuscular Haemoglobin (MCH), dan Mean Corpuscular Haemoglobin Concentration (MCHC). Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA menggunakan software costat versi 9,0 dan jika menunjukkan berbeda nyata maka diuji lanjut dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi ekstrak daun katuk dalam pakan berprotein rendah memberikan hasil yang tidak berpengaruh nyata (P > 0,05 ) terhadap : SDM, SDP, Hb, PCV, MCV, MCH, dan MCHC. Dapat disimpulkan pemberian ekstrak daun katuk pada level 4,5g/kg, dan 9g/kg dalam pakan berprotein rendah pada level 15% dan 17% mampu mempertahankan jumlah sel darah merah, sel darah putih, hemoglobin, PCV, MCV, MCH, dan MCHC pada ayam ras broiler.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 28 Jan 2015 12:18
Last Modified: 28 Jan 2015 12:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item