MODIFIKASI NEBULIZER KOMPRESOR DENGAN MENAMBAHKAN PENGATURAN TIMER DAN DETEKTOR CAIRAN OBAT SEBAGAI BATASAN WAKTU TERAPI PEMBERIAN OBAT PADA PENDERITA ASMA

Fernando, Andica and Alex, Surapati and Faisal, Hadi (2015) MODIFIKASI NEBULIZER KOMPRESOR DENGAN MENAMBAHKAN PENGATURAN TIMER DAN DETEKTOR CAIRAN OBAT SEBAGAI BATASAN WAKTU TERAPI PEMBERIAN OBAT PADA PENDERITA ASMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-and-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,III-14-and-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Modifikasi nebulizer kompresor dalam penelitian ini dibuat dan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pada therapi pengobatan asma. Asma merupakan gejala yang ditimbulkan akibat adanya kelainan saluran nafas, menyebabkan peningkatan kepekaan rangsang terhadap lingkungan. Gejala yang sering dijumpai pada penderita asma biasanya adalah pilek/bersin, batuk disertai rasa gatal di tenggorokan. Nebulizer merupakan suatu alat yang digunakan dalam pengobatan asma. Alat ini dapat mengubah partikel obat dari cair menjadi butiran yang sangat halus (uap). Karena obat diubah dalam bentuk gas (uap) maka obat ini lebih mudah untuk diserap sehingga efek dari obat lebih cepat kelihatan daripada obat oral. Secara keseluruhan nebulizer ini telah bekerja dan berfungsi dengan baik sesuai waktu yang diinginkan dan batas obat. Tegangan output sensor detektor cairan obat sekitar 0,726 - 1,221 volt dengan rentang volume obat 1 - 6 cc.Secara keseluruhan besarnya persentase kesalahan dalam pengujian waktu yaitu antara 6.49 %. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk penguapan obat dalam 1 cc cairan obat adalah sekitar 638,86 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 29 Jan 2015 11:33
Last Modified: 30 Jan 2015 15:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item