ANALISA KEKUATAN STRUKTUR CRANE HOOK DENGAN PERANGKAT LUNAK ELEMEN HINGGA UNTUK PEMBEBANAN 20 TON

Kurniawan, Anggi and Ahmad , Fauzan Suryono and Erinofiardi, Erinofiardi (2015) ANALISA KEKUATAN STRUKTUR CRANE HOOK DENGAN PERANGKAT LUNAK ELEMEN HINGGA UNTUK PEMBEBANAN 20 TON. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ang-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ang-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB) | Preview

Abstract

Crane hook (kait) merupakan salah satu komponen utama pada crane yang berfungsi untuk sebagai penghubung antara crane dan muatan yang akan di angkat dan di pindahkan. Saat beroperasi, kait pernah ditemukan kegagalan kerja berupa patah pada bagian lengkungan kait. Melakukan analisa kekuatan pada struktur crane hook (kait) merupakan suatu solusi agar terhindar dari kegagalan kerja sehingga struktur crane hook (kait) tetap dalam keadaan aman. Dalam proses analisa kekuatan crane hook (kait) dapat menggunakan software elemen hingga yang dapat menghitung lebih cepat dan akurat. Pada penelitian ini melakukan simulasi pada kerja beberapa jenis crane hook (kait) yaitu kait tunggal, kait tanduk ganda dan shackle. Pada hasil simulasi software elemen hingga pada kait untuk pembebanan 20 ton, jenis kait tunggal diperoleh tegangan normal maksimum sebesar 277,31 MPa dan defleksi yang terjadi sebesar 1,1985 mm, pada jenis kait tanduk ganda diperoleh tegangan normal maksimum sebesar 142,28 MPa dan dengan besar defleksi yang terjadi sebesar 0,11031 mm dan pada jenis shackle diperoleh data tegangan normal maksimum sebesar 172, 64 MPa dan defleksi sebesar 0,19418 mm. Dari hasil simulasi kemudian akan dibandingkan dengan hasil perhitungan secara analitik. Perhitungan analitik untuk kait tunggal diperoleh tegangan kerja sebesar 269,28 MPa, pada kait tanduk ganda sebesar 136, 83 MPa dan pada jenis shackle sebesar 152 MPa. Berdasarkan hasil simulasi dan perhitungan analitik dapat diambil kesimpulan bahwa struktur crane hook (kait) masih dalam batas aman. Hal ini dikarenakan kekuatan luluh material yang digunakan pada jenis AISI 4140 alloy steel sebesar 415 MPa. Namun dari ke tiga jenis kait pada pembebanan 20 ton, kait tunggal memiliki potensi kegagalan paling besar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 30 Jan 2015 16:18
Last Modified: 30 Jan 2015 16:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10422

Actions (login required)

View Item View Item