ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN EMPEK-EMPEK 7 ULU PALEMBANG DI KOTA BENGKULU

Ritonga, Desi Sridevi and Redy , Badrudin and Melli , Suryanty (2015) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN EMPEK-EMPEK 7 ULU PALEMBANG DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-des-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-des-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Empek-empek Palembang merupakan salah satu jenis makanan tradisional masyarakat Sumatera Selatan yang telah mengalami penyebaran baik di wilayah asalnya maupun hingga ke luar daerah. Empek-empek 7 Ulu Palembang milik H. Cek Toni merupakan salah satu empek-empek yang sudah terkenal (populer) dan cukup besar yang ada di Kota Bengkulu. Empek-empek 7 Ulu Palembang sudah berdiri sejak tahun 1993 dan menggunakan bahan baku 50 kg ikan tenggiri setiap produksinya. Lokasi usaha penjualan empek-empek 7 Ulu Palembang berada di dekat perempatan lampu merah dan searah dengan bandara Fatmawati, sehingga akan banyak konsumen yang singgah di tempat tersebut untuk membeli oleh-oleh. Untuk menganalisis implementasi bauran pemasaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian empek-empek 7 Ulu Palembang maka digunakan analisis deskriptif dan metode Principal Component Analysis (PCA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep bauran pemasaran di lokasi usaha penjualan empek-empek 7 Ulu Palembang dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli empek-empek 7 Ulu Palembang. Dalam penelitian ini dipilih empek-empek 7 Ulu Palembang karena empek-empek tersebut merupakan salah satu empek-empek yang sudah terkenal (populer) dan cukup besar yang ada di Kota Bengkulu. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 96 orang pembeli yang didasarkan pada tingkat kepercayaan 90%. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan Principal Component Analysis (PCA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) dari empat poin penting dalam bauran pemasaran yakni produk, harga, distribusi atau tempat dan promosi yang ada di lokasi penjualan empek-empek 7 Ulu Palembang, produk dinilai memiliki kualitas yang baik, harga produk terjangkau, kondisi tempat penjualan dan pelayanan sudah bisa memenuhi keinginan konsumen, namun masih terdapat fasilitas yang perlu dibenahi dan masih perlu melakukan kegiatan promosi dan (b) variabel yang paling berpengaruh terhadap pembelian empek-empek 7 Ulu Palembang di Kota Bengkulu adalah tingkat penghasilan, kandungan protein yang cukup tinggi, empek-empek yang berkualitas, yang lebih suka mengkonsumsi makanan tradisional, tanggapan saat pertama mencoba empek-empek 7 Ulu Palembang, perbedaan mendasar empek-empek dibanding makanan tradisional lain, merasa lebih semangat jika mengkonsumsi empek-empek, kondisi tempat penjualan, penghidangan, empek-empek 7 Ulu Palembang merupakan salah satu empek-empek yang terkenal, fasilitas yang perlu dibenahi dan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 02 Feb 2015 11:50
Last Modified: 02 Feb 2015 11:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item