ANALISIS KEUNTUNGAN, EFISIENSI DAN PEMASARAN USAHA KERUPUK IKAN DI DESA TAMBAK REJO KECAMATAN PADANG JAYA

Suprihatin, Suprihatin and Irnad, Irnad and Apri , Andani (2015) ANALISIS KEUNTUNGAN, EFISIENSI DAN PEMASARAN USAHA KERUPUK IKAN DI DESA TAMBAK REJO KECAMATAN PADANG JAYA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sup-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-sup-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Industri merupakan salah satu mata pencaharian warga Indonesia. Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang terdapat industri rumah tangga seperti kerupuk ikan. Desa Tambak Rejo terdapat tujuh pabrik usaha kerupuk ikan. Kerupuk ikan merupakan kerupuk yang berbahan baku sagu dan dicampuri rasa ikan. Karena di Desa Tambak Rejo Kecamatan Padang Jaya terdapat tujuh pabrik kerupuk ikan, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di desa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keuntungan, efisiensi, pola saluran pemasaran, dan margin pemasaran . penelitian ini dilakukan pada bulan juli dan agustus. Lokasi penelitian ditentukan dengan purposive, yaitu di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Padang Jaya. Responden produsen kerupuk ikan ditentukan dengan sensus sementara lembaga pemasaran ditentukan dengan Snowball sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis laba/rugi, B/C rasio, analisis deskriptif, margin pemasaran dan produsen Share. Hasil penelitian menunjukkan keuntungan kerupuk ikan di Desa Tambak Rejo adalah Rp. 300.410/Produksi. Untuk nilai efisiensi usaha 0,27 / Produksi. Jadi usaha ini telah efisien karena BC-Rasio>0. Saluran pemasaran yang terkandung dalam bisnis kerupuk ikan ada tiga saluran pemasaran yang ditemukan. Yang pertama: produsen ke konsumen , kedua: Produsen – pedagang pengumpul - pengecer - konsumen, ketiga: pedagang pengumpul - keluar dari batas-batas penelitian. Nilai marjin pemasaran menunjukkan pola saluran pertama Rp. 0/kantong, produsen Share 100%. pola kedua Rp. 4.950/kantong, produsen Share 60% dan pola saluran ketiga nilai marjin yang diperoleh adalah Rp. 2.287/kantong sementara produsen Share 77%. Jadi pola saluran pemasaran yang paling efisien adalah pola saluran pemasaran pertama, karena Produsen Share lebih tinggi dari saluran lainnya. Usaha kerupuk ikan di Desa Tambak Rejo. Kecamatan Padang Jaya sudah menguntungkan dan efisien sehingga dapat dikembangkan dan dipasarkan secara luas sehingga masyarakat lebih sadar kerupuk ikan Rejo Desa Tambak Kecamatan Padang Jaya. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah pola pertama sehingga pola ini seharusnya produsen meningkatkan kuantitas atau proporsi kerupuk yang dijual melalui pola pertama ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 04 Feb 2015 11:38
Last Modified: 04 Feb 2015 11:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item