KAJIAN PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DALAM MINA PADI DI DESA A. WIDODO KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

Nuryasri, Salfiani and Redy , Badrudin and Malli , Suryanty (2015) KAJIAN PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DALAM MINA PADI DI DESA A. WIDODO KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sal-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-sal-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

Pengembangan budidaya ikan air tawar dalam mina padi dilihat dari berbagai pendapat pakar yang memahami tentang perikanan khususnya dalam mina padi, ada tiga usaha mina padi di Desa A. Widodo yaitu mina padi ikan lele, mina padi ikan nila dan mina padi ikan mas. Untuk itu dalam menentukan pengembangan usaha budidaya ikan air tawar dalam mina padi di Desa A. Widodo Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas yang tepat dalam pengambilan keputusan, maka digunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pendapatan petani mina padi, kemudian mengidentifikasi kriteria yang digunakan dalam pengembangan usaha budidaya ikan air tawar dalam mina padi, dan merumuskan alternatif pengembangan usaha budidaya ikan air tawar dalam mina padi di Desa A. Widodo. Berdasarkan Pendapatan usahatani budidaya ikan air tawar dalam mina padi yang terbesar adalah penerapan ikan lele dalam mina padi yaitu Rp87.942.425,47,-/th. Sedangkan untuk penerapan ikan nila dalam mina padi pendapatannya sebesar Rp63.895.335,-/th dan untuk penerapan ikan mas dalam mina padi pendapatannya sebesar Rp71.331.957,00,-/th. Berdasarkan hasil AHP, kriteria yang dijadikan dasar penilaian dalam pengembangan usaha budidaya ikan air tawar dalam mina padi adalah produksi, pendapatan, pemasaran, dan dukungan pihak ketiga. Pada kriteria yang menjadi prioritas utama adalah krteria produksi, sedangkan pada subkriteria pada kriteria produksi yang dijadikan prioritas utama yaitu pada subkriteria modal. Berdasarkan hasil pembobotan yang dilakukan dengan metode Analisis Hierarki Proses (AHP) dengan menggunakan software Expert Choice 11, yang menjadi alternatif pengembangan usaha budidaya ikan air tawar dalam mina padi di Desa A. Widodo adalah penerapan ikan lele dalam mina padi, yang mempunyai nilai bobot tertinggi yaitu 0,493 dibandingkan dengan nilai bobot dari kedua alternatif lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 04 Feb 2015 14:51
Last Modified: 04 Feb 2015 14:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10464

Actions (login required)

View Item View Item