KAJI EKSPERIMENTAL EFEKTIFITAS MENARA PENDINGIN (COOLING TOWER) TERHADAP VARIASI VOLUME MEDIA PENDINGINAN AQUADES DAN COOLING LIQUID PADA KOMPUTER

Ferbrianto, Jeri and Angky , Puspawan and Yovan, Witanto (2015) KAJI EKSPERIMENTAL EFEKTIFITAS MENARA PENDINGIN (COOLING TOWER) TERHADAP VARIASI VOLUME MEDIA PENDINGINAN AQUADES DAN COOLING LIQUID PADA KOMPUTER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-jer-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-jer-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Menara pendingin (cooling tower) suatu peralatan yang digunakan sebagai penurun suhu aliran air dengan cara mengontakkanya dengan udara dan menguapkan sebagian air tersebut sehingga menjadi proses kombinasi perpindahan kalor dan massa. Cooling tower ini diaplikasikan untuk pendinginan computer (microprosessor) agar temperatur yang keluar dari processor tetap stabil atau dingin. Penelitian ini bertujuan menganalisa nilai efektifitas dan nilai laju kalor cooling tower menggunakan fill dan tanpa menggunakan fill pada komputer dengan menggunakan variasi media pendingin fluida aquades dan cooling liquid. Fluida pendinginan yang digunakan adalah aquades dan cooling liquid jenis EK-EKOOLANT dengan volume tiga liter. Waktu pengambilan data yang dilakukan adalah 15, 30, 45, 60, 75, dan 90 menit dengan sistem operasi beban panas adalah bermain game. Hasil penelitiaan menunjukan bahwa nilai efektifitas rata-rata cooling tower sederhana menggunakan fill dan tanpa fill sebesar 31,60% dan 45,74% untuk jenis fluida aquades sedangkan untuk cooling liquid tanpa menggunakan fill dan menggunakan fill sebesar 59,15% dan 49,15%. dan kemampuan cooling tower mampu melepas kalor kelingkungan dengan laju kalor cooling tower menggunakan fill sebesar 0,06 kW untuk cooling liquid dan aquades yaitu 0,11 kW dan tanpa menggunakan fill sebesar cooling liquid 0,11 kW dan aquades 0,16 kW.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 05 Feb 2015 11:12
Last Modified: 05 Feb 2015 11:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10473

Actions (login required)

View Item View Item