ANALISIS KONDUKTIVITAS TERMALSATU DIMENSI ALUMINIUM, TEMBAGA DAN KUNINGAN (BRASS) BERDASARKAN KONDISISTEADYPADATEMPERATUR 0°C˗25 °C DENGAN MENGGUNAKAN TERMOKOPEL TIPE –K

Marpaung, L. Roy and Afdhal , Kurniawan and Yovan, Witanto (2015) ANALISIS KONDUKTIVITAS TERMALSATU DIMENSI ALUMINIUM, TEMBAGA DAN KUNINGAN (BRASS) BERDASARKAN KONDISISTEADYPADATEMPERATUR 0°C˗25 °C DENGAN MENGGUNAKAN TERMOKOPEL TIPE –K. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-roy-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-roy-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Persinggungan dari dua titik yang berbeda suhu akan mengakibatkan perpindahan panas, dimana proses panas mengalir dari temperatur yang tinggi ke temperatur yang lebih rendah. Sifat termal pada bahan berperan dalam perpindahan panas. Sifat termal bahan yang menghantarkan panas lebih baik disebut konduktor sedangkan sebaliknya disebut isolator. Kedua sifat ini dapat diketahui melalui pengukuran konduktivitas termal Analisa pengujian konduktivitas termal dilakukan terhadap referensi dan spesimen yang berbentuk silinder mengikuti prosedur dari standar pengujian American Society for Testing Material (ASTM) E1225. Sensor termokopel yang digunakan adalah tipe K dan pembacaan skala temperaturnya dengan thermometer digital. Teflon dan polyurethane digunakan sebagai bahan isolasi sedangkan pasta silicon sebagai bahan konduksi didaerah sambungan antara referensi dan spesimen. Dari hasil pengujian pada aluminium, tembaga dan kuningan (brass) dengan kondisi steady dari pangkal bersuhu 0˚C ke ujung 25˚C maka diperoleh distribusi temperatur. Secara berurutan nilai konduktivitas termal yang dihitung untuk masing-masing sebesar 205,53 ; 388,85 ; 109,96 (W/m˚C). Harga-harga ini pengujian ini mendekati nilai teori.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 05 Feb 2015 11:28
Last Modified: 05 Feb 2015 11:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item View Item