ANALYSIS OF COMPRESSOR ISENTROPIC EFFICIENCY TYPE SULLAIR SCREW AIR COMPRESSOR IN FACTORY OF HOT STRIP MILL, CASE STUDY IN PT. KRAKATAU STEEL-PERSERO CILEGON BY USING COMPUTER AIDED THERMODYNAMICS TABLE 2 (CATT2)

Puspawan , Angky (2015) ANALYSIS OF COMPRESSOR ISENTROPIC EFFICIENCY TYPE SULLAIR SCREW AIR COMPRESSOR IN FACTORY OF HOT STRIP MILL, CASE STUDY IN PT. KRAKATAU STEEL-PERSERO CILEGON BY USING COMPUTER AIDED THERMODYNAMICS TABLE 2 (CATT2). TEKNOSIA, 2 (14). pp. 2-11. ISSN 1978-8819

[img] Text (Thesis)
Cover & Daftar Isi Jurnal Teknosia Periode September 2015 Angky Puspawan Fix.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Salah satu parameter penting yang menunjukkan seberapa kuat pembangunan dan industri suatu negara bisa dilihat dari kemajuan industri bajanya. Di Indonesia sendiri, PT Krakatau Steel, selaku industri strategis penghasil baja terbesar milik negara, ikut berperan dalam usahanya untuk meningkatkan kekuatan pembangunan dan kekuatan industri nasional. Oleh karena itu, PT Krakatau Steel terus berupaya untuk meningkatkan konsumsi baja nasional dengan cara terus berupaya meningkatkan kapasitas produksinya, melalui pengembangan peralatan penunjang. Salah satu peralatan penunjang yang sangat penting adalah kompresor tipe sullair air screw yang difungsikan sebagai pembuka dan penutup furnace. Pengambilan data dengan menggunakan data kondisi lapangan dan data kondisi spesifikasi peralatan kompresor dan penyelesaian untuk memperoleh entalpi kondisi aktual dan kondisi spesifikasi dengan menggunakan perangkat lunak yaitu Computer Aided Thermodynamics Table 2 (CATT2). Setelah melakukan penelitian dengan mengambil data kerja kompresor yang ada di pabrik Hot Strip Mill PT. Krakatau Steel selama operasi diperoleh nilai rata-rata efisiensi isentropik kompresor sebesar 87.34%, dengan range 84.81- 89.48%. Dari hasil perhitungan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kompresor yang digunakan di pabrik Hot Strip Mill PT. Krakatau Steel ini masih bekerja dengan baik walaupun kompresor ini bekerja terus menerus dan hanya dilakukan 1 hari penonaktifan setiap bulannya.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Journal
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Feb 2015 15:19
Last Modified: 09 Feb 2015 15:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item View Item