PERILAKU KUAT GESER BATA MERAH KOTA BENGKULU (STUDI TERHADAP BATA MERAH DI KECAMATAN SELEBAR DAN KECAMATAN MUARA BANGKAHULU)

Sitepu, Kristiana Kovalevsky and Elhusna, Elhusna and Agustin , Gunawan (2015) PERILAKU KUAT GESER BATA MERAH KOTA BENGKULU (STUDI TERHADAP BATA MERAH DI KECAMATAN SELEBAR DAN KECAMATAN MUARA BANGKAHULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-kri-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (43MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-kri-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (47MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bata sebagai dinding pengisi oleh mayoritas penduduk Kota Bengkulu sebagai salah satu wilayah rawan gempa di Indonesia. Ketika gempa bumi terjadi, beban gempa yang bekerja pada dinding bersifat tidak menentu. Salah satu beban gempa yang terjadi adalah beban geser. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kuat geser horizontal dinding pasangan bata yang ada di Kecamatan Selebar dan Kecamatan Muara Bangkahulu berdasarkan SNI-03-4166-1996 dan nilai perbandingan kuat geser tanah asli dan bata mentah dari 2 pabrik dari masing-masing kecamatan tersebut. Pada pengujian kuat geser horizontal dinding pasangan bata, kegagalan terjadi pada mortar sebelum nilai didapat, maka penulis menggunakan plastic steel sebagai bahan perekat mortar yang terlepas. Pengujian kuat geser horizontal dinding bata dengan plastic steelmenghasilkan kuat geser bata terbesar pada Kecamatan Selebar yaitu 0,416 MPa yang dimiliki oleh Pabrik S1. Nilai kuat geser terkecil adalah 0,267 MPa yang berada di Kecamatan Muara Bangkahulu. Disimpulkan bahwa Kecamatan Selebar memiliki kuat geser horizontal yang lebih besar daripada Kecamatan Muara Bangkahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 10 Feb 2015 11:38
Last Modified: 10 Feb 2015 11:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10491

Actions (login required)

View Item View Item