PENGARUH CAMPURAN ABU CANGKANG LOKAN DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KUAT TEKAN DAN TARIK BETON SERAT BAMBU DENGAN FAKTOR AIR SEMEN 0,6

Firmansyah, Ongky and Agustin , Gunawan and Ade , Sri Wahyuni (2015) PENGARUH CAMPURAN ABU CANGKANG LOKAN DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KUAT TEKAN DAN TARIK BETON SERAT BAMBU DENGAN FAKTOR AIR SEMEN 0,6. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ong-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ong-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan kuat tekan dan tarik beton akibat penambahan serat bambu serta penggantian sebagian agregat halus dengan abu sekam padi (ASP) dan abu cangkang lokan (ACL). Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian dilakukan dengan mengunakan abu sekam padi (ASP) dan abu cangkang lokan (ACL) dengan perbandingan 35/65 sebagai pengganti agregat halus sebesar 10%, 20%, 30%, dan 40%, serta penambahan serat bambu sebesar 0,5% dari berat semen. Sampel yang digunakan berjumlah 35 buah yang terdiri dari 20 sampel untuk uji tekan (kubus) dan 15 sampel untuk uji tarik (silinder). Uji kuat tekan dan tarik dilakukan pada umur 28 hari. Hasil pengujian kuat tekan dan kuat tarik dari beton yang menggunakan abu cangkang lokan (ACL) dan abu sekam padi (ASP) sebagai pengganti agregat halus menyebabkan penurunan bila dibandingkan dengan beton normal. Penurunan maksimum kuat tekan dan tarik beton terjadi pada variasi 40% sebesar 25,67% untuk kuat tekan, dan 30,83% untuk kuat tarik. Penurunan minimum terjadi pada variasi 10% sebesar 11,77% untuk kuat tekan dan kuat tarik sebesar 5,53%. Penurunan berat isi maksimun terjadi pada variasi 40% yaitu 5,91%. Penurunan minimum terjadi pada variasi 10% sebesar 2,07%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 10 Feb 2015 16:21
Last Modified: 10 Feb 2015 16:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item