RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6

Muslim, Farid and Asahar , Johar and Sri , Saparahayuningsih (2015) RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-far-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-far-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang telah dibuat. Salah satunya adalah dalam dunia pendidikan. Maka kebutuhan akan pembelajaran berbasis komputer juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan masih kurangnya ketertarikan anak usia dini dengan pelajaran yang berhubungan dengan berhitung dan kurangnya kemampuan membaca dan menulis pada anak usia dini sehingga penyampaian materi berupa audio dan visual menjadi sangat penting. Dengan adanya alat bantu ajar berbasis komputer, anak-anak dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan termasuk materi penjumlahan, pengurangan dan pengenalan angka 120. Maka dengan hal tersebut penelitian in bertujuan untuk merancang dan membangun suatu media pembelajaran untuk anak usia dini yang mengajarkan konsep penjumlahan dan pengurangan. Dan dapat mengatasi kendala-kendala yang ada baik kendala keterbatasan waktu maupun alat penyampaian materi. Dengan menggunakan Adobe Flash Professional SC6 dan ActionScript sebagai bahasa pemrogramannya, serta melakukan uji kelayakan dengan teknik Likert. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa hasil penilaian tampilan media sebesar 99,56 %, yang termasuk dalam katergori baik. Aspek isi materi sebesar 84,37 % termasuk dalam kategori baik. dan aspek kemudahan penggunaan 84,37 % termasuk ke dalam kategori baik. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah media pembelajaran interaktif untuk anak usia dini dengan konsep penjumlahan dan pengurangan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 16 Feb 2015 11:48
Last Modified: 16 Feb 2015 11:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item View Item