FUNGSI KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA PENGELOLA LABORATORIUM KOMPUTER ( STUDI EVALUASI DI SMAN 1 KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Sarim, Hakman Pawiran and Sasongko , Rambat Nur and Aliman, Aliman (2015) FUNGSI KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA PENGELOLA LABORATORIUM KOMPUTER ( STUDI EVALUASI DI SMAN 1 KECAMATAN PUTRI HIJAU KABUPATEN BENGKULU UTARA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-hak-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-hak-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian untuk mengevaluasi fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer di SMAN 1 Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Sedangkan tujuan khususnya adalah : (1) mengevaluasi perencanaan (planning) kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola Laboratorium Komputer, (2) mengevaluasi pengorganisasian (organization) kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola Laboratorium Komputer, (3) mengevaluasi pelaksanakan (actuating) kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola Laboratorium Komputer, dan (4) mengevaluasi pengawasan (controlling) kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola Laboratorium Komputer. Penelitian ini menggunakan metode dalam bentuk penelitian evaluatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil urusan kurikulum, wakil urusan sarana, kepala laboratorium komputer, guru dan siswa SMA Negeri 1 Putri Hijau Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan peneliti menggunakan alat bantu dengan penggunaan pedoman wawancara, obervasi dan dokumentasi untuk memperoleh data penelitian. Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif evaluatif melalui : (1) perbandingan standar litelatur dengan pelaksanaan di tempat penelitian dengan persentase, (2) rentang persentase dikatakan standar adalah lebih besar sama dengan 65 %. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, adanya perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola komputer di SMA Negeri 1 Putri Hijau Perencanaan pengelola (SDM) laboratorium komputer kepala sekolah SMA Negeri 1 Putri Hijau melalui pelaksanaan tugas berdasarkan keputusan Dirjen Dikdasmen No. 262/C/Kep/R/1992 tanggal 27 Juli 1992 dan Keputusan Dirjen Dikdasmen No. 260/C/KP/1996 tanggal 2 Oktober 1996, kepala laboratorium komputer SMA Negeri 1 Putri Hijau memiliki tugas dan fungsi : (1) merencanakan pengadaan alat dan bahan, (2) menyusun jadwal dan tata tertib pengguna laboratorium, (3) mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium, (4) inventarisasi dan pengadiministrasian peminjaman alat-alat laboratorium, dan (5) menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium komputer. Berdasarkan uraian di atas perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Putri Hijau belum sesuai dilakukan dikarenakan : (1) peningkatkan profesional pengelola laboratorium komputer melalui kegiatan : diklat dan latihan profesi guru, penataran, seminar, dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), (2) peningkatkan kesejahteraan pengelola laboratorium komputer melalui : Penghargaan (reward), tunjangan jabatan (kepala laboratorium, teknisi, dan laboran). Kedua, pengorganisasian (organization) laboratorium komputer di SMA Negeri 1 Putri Hijau Bengkulu Utara sudah disusun dalam bentuk struktur organisasi yang terdapat Kepala Sekolah, wakil urusan sarana, kepala Laboratorium komputer, guru dan siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dan dokumentasi yang dilakukan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Putri Hijau Bengkulu Utara dalam menjalankan fungsinya untuk meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer belum dilakukan, walaupun sudah memiliki struktur organisasi dan pembagian wewenang masing-masing tugas akan tetapi adanya tenaga teknisi dan laboran. Disisi lainnya pengorganisasian pengelola laboratorium komputer belum dilakukan mengingat : (1) peningkatkan profesional pengelola laboratorium komputer melalui kegiatan : diklat dan latihan profesi guru, penataran, seminar, dan musyawarah guru mata pelajara (MGMP), dan (2) peningkatkan kesejahteraan pengelola laboratorium komputer melalui : Penghargaan (reward), tunjangan jabatan (kepala laboratorium, teknisi, dan laboran), Ketiga, Berdasarkan hasil dokumentasi dan observasi, di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Putri Hijau Bengkulu Utara sudah dilaksanakan : (1) kegiatan KBM dibuktikan jadwal dan tata tertib pengguna laboratorium, (2) inventarisasi peralatan laboratorium, (3) laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium komputer. Pelaksanaan praktikum di laboratorium komputer sudah terjadwal sesuai dengan kebutuhan masing-masing jurusan, dimana jadwal ini memang sudah disusun oleh guru mata pelajaran dan kepala laboratorium komputer. Pelaksanaan praktikum dapat berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Setiap kegiatan praktikum dapat dilaksanakan secara tertib, kendatipun setiap kegiatan praktikum ada yang tiga orang siswa menggunakan satu komputer. Pelaksanaan program kerja laboratorium komputer di SMA Negeri 1 Putri Hijau telah melakukan pencatatan yang memuat: (1) daftar barang-barang inventaris laboratorium, (2)pencatatan pemakaian laboratorium, dan (3) pencatatan tata tertib pengguna laboratorium. Keempat, Supervisi kepala sekolah SMA Negeri 1 Putri Hijau yang berhubungan langsung dengan laboratorium komputer masih belum maksimal untuk mencapai dilakukan yang yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil dokumentasi yang menginformasikan bahwa : (1) belum adanya peningkatkan profesional pengelola laboratorium komputer melalui kegiatan : diklat dan latihan profesi guru, penataran, seminar, dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan (2) belum dilakukannya peningkatkan kesejahteraan pengelola laboratorium komputer melalui : Penghargaan (reward), tunjangan jabatan (kepala laboratorium, teknisi, dan laboran). Simpulan penelitian secara umum fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer di SMAN 1 Kecamatan Putri Hijau Bengkulu Utara 31,67 % di bawah rentang minimum 65 %, ini berarti fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer tidak sesuai standar. Simpulan penelitian secara khusus adalah : (1) fungsi kepala sekolah dalam melakukan perencanaan (planning) untuk meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer tidak sesuai standar, (2) fungsi kepala sekolah dalam melakukan pengoranisasian (organization) untuk meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer tidak sesuai standar, (3) fungsi kepala sekolah dalam melakukan pelaksanaan (actuating) untuk meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer sudah tidak sesuai standar, (4) fungsi kepala sekolah dalam melakukan pengawasan (controlling) untuk meningkatkan kinerja pengelola laboratorium komputer tidak sesuai standar. Saran yang dapat diberikan dalam menghadapi permasalahan adalah : Kepala sekolah dan pengelola laboratorium komputer diwajibkan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pengelola komputer di SMA Negeri 1 Putri Hijau melalui : (1) peningkatkan profesional pengelola laboratorium komputer, (2) peningkatkan kesejahteraan pengelola laboratorium komputer, (3) pengupayakan kelengkapan sarana dan prasarana, dan (4) supervisi pengelolaan laboratorium komputer secara jelas dan tersturuktur baik tugas, fungsinya, dan waktu pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Feb 2015 12:34
Last Modified: 24 Feb 2015 12:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10537

Actions (login required)

View Item View Item