USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU)

Suryadi, Hery and Bambang , Sahono and Aliman , Siana (2015) USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-her-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-her-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan pengurus komite. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui dua tahap : (1) analisis lapangan, dan (2) analisis hasil yang teriri dari tiga tahap yakni reduksi data, display data dan penyimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian secara umum kepala sekolah telah berusaha mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu sesuai dengan perencanaan yang ditargetkan dan menggunakan juknis kurikulum 2013 yang diatur dari Kemendidkbud. Namun dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 masih ditemukan faktor penghambat seperti sulitnya merubah kebiasaan guru dalam proses belajar mengajar. Secara khusus hasil penelitian yang diperoleh dijabarkan sebagai berikut: Pertama; Usaha kepala sekolah menyusun perencanan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan : (1) merumuskan visi/misi sekolah, (2) mengikut sertakan warga sekolah, (3) menerima dan mempertimbangkan saran dan masukan warga sekolah, (4) mempedomani petunjuk penyusunan Kurikulum 2013 yang sudah ada. Kedua; Usaha kepala sekolah melakukan pendampingan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan : (1) Memberikan sosialisasi, (2) Membimbing guru membuat Silabus dan RPP, (3) membimbing guru untuk melakukan penilaian konteks. Ketiga; Usaha kepala sekolah melakukan supervisi akademik untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan : (1) dengan melibatkan wakil kepala sekolah, (2) melakukan supervisi terhadap guru, (3) melibatkan pengawas pembina. Keempat ; Usaha kepala sekolah dalam melakukan evaluasi mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan : (1) mengadakan evaluasi kegiatan hasil belajar mengajar, (2) melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, (3) melakukan evaluasi terhadap kinerja staf. Kelima; Hambatan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu : (1) Sulitnya merubah mindset berkenaan dengan keterbukaan, keyakinan dan penerimaan terhadap kurikulum 2013 oleh guru, (2) bahan belajar, seperti buku guru dan buku siswa, (3) kebijakan yang selalu berubah-ubah. Kesimpulan secara umum penelitian tentang implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu telah berjalan sesuai dengan perencanaan yang ditargetkan dan menggunakan juknis kurikulum 2013 yang diatur dari Kemendidkbud, namun dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 masih ditemukan factor penghambat seperti sulitnya merubah mainset guru dalam proses belajar, kurangnya buku guru dan buku siswa, serta kebijakan yang selalu berubah-ubah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 24 Feb 2015 13:19
Last Modified: 24 Feb 2015 13:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item