RANCANG BANGUN MEDIAPEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KELASXIMATERI JARINGAN HEWAN VERTEBRATA 3D BERBASIS DESKTOP DAN AUGMENTED REALITY

Utami, Nurul Juju and Boko , Susilo and Welly , Darwis (2015) RANCANG BANGUN MEDIAPEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KELASXIMATERI JARINGAN HEWAN VERTEBRATA 3D BERBASIS DESKTOP DAN AUGMENTED REALITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III-III-14-juj-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-juj-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Salah satu jenis alat bantu pengajaran adalah media pembelajaran. Media pembelajaran yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan saat ini, berupa media pembelajaran yang menarik, edukatif, interaktif dan menggunakan teknologi terbaru. Oleh karena itu, penulis bermaksud membangun sebuah media pembelajaran biologi materi Jaringan Hewan Vertebrata berbasis Augmented Reality sebagai alat bantu guru serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran ini dibangun dengan teknologi terbaru yaitu Augmented Reality yang dapat diakses melalui smartphone Android dan pada desktop menggunakan Unity 3D dengan bahasa pemrograman JavaScript yang mengandung unsur teks, gambar 3D, audio dan animasi yang dirancang semenarik mungkin agar penyampaian materi lebih mudah dan menyenangkan. Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metodewaterfall. Sedangkan untuk merancang system, penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah media pembelajaran Biologi untuk SMA kelas XI materi Jaringan Hewan Vertebrata sebagai alat bantu guru dalam penyampaian materi dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ini. Pengujian media pembelajaran telah dilakukan di tiga SMA/MA di Kota Bengkulu yaitu SMAN 2, SMAN 5, dan MAN 2 dengan tingkat kinerja sistem “baik” dan tingkat motivasi belajar siswa “baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Mar 2015 09:34
Last Modified: 03 Mar 2015 09:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item View Item