PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 4 BATIKNAU BENGKULU UTARA

Herman , Lusa (2015) PENERAPAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN 4 BATIKNAU BENGKULU UTARA. In: Strengthening Teachers and Educational Personnel Competence in Scour Change, November 22 s/d 24 2014, Universitas Negeri Padang .

[img] Archive (Proceding)
herman baru.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran tematik menggunakan media audio visual di kelas I SDN 4 Batiknau Bengkulu Utara. Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan 33 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 20 perempuan.Instrumen penelitian yang digunakan adalah data tes dan data observasi.Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes, dan pendokumentasian.Teknik analisis yang digunakan adalah data tes dan data observasi.Dari penelitian yang telah dilakukan dalam 2 siklus terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa. Untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata- rata skor 45 dengan kategori “cukup”’ dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata skor 56,5 dengan kategori “baik”. Hasil pengamatan aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus 1 diperoleh skor 44 dengan kategori “cukup” meningkat pada siklus II diperoleh skor 58,25dengan kategori “baik”. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran pada siklus yaitu: SBK 6,10, IPS 6,10, Matematika 5,39, PKn 6,07, IPA 5,44, dan Bahasa Indonesia 5,93, persentase ketuntasan belajar klasikal untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: SBK 26,31%, IPS 39,4%, Matematika 15,7%, PKn 36,84%, IPA 15,7%, dan Bahasa Indonesia 23,68%. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: SBK 7,47, IPS 7,31, Matematika 7,02, PKn 7,02, IPA 7,57, dan Bahasa Indonesia 7,89, persentase ketuntasan belajar klasikal untuk setiap kompetensi dasar mata pelajaran yaitu: SBK 84,21%, IPS 89,47%, Matematika 76,31%, PKn 81,75%, IPA 86,84%, dan Bahasa Indonesia 76,31%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas I SDN 4 Batiknau Bengkulu Utara.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Mar 2015 09:29
Last Modified: 04 Mar 2015 09:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10571

Actions (login required)

View Item View Item