MOTIVASI KERJA SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH DESAIN PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI BENGKULU

Putri, Dally Eka and Willy , Abdilah and Sugeng , Susetyo (2015) MOTIVASI KERJA SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH DESAIN PEKERJAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-dal-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-dal-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Dalam rangka untuk mendukung dan melaksanakan tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi tersebut, harus didukung oleh sumberdaya manusia yang memiliki kinerja yang tinggi. Kinerja menurut Mangkunegara (2007) adalah hasil kerja secara kualitas, dan kuantitas serta tanggung jawab oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya. Kinerja pegawai merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan organisasi. Tentu saja kinerja tidak terbentuk dengan sendirinya, tetapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhinya di antaranya desain pekerjaan dan motivasi. Dari hal tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu apakah motivasi kerja memediasi hubungan antara desain pekerjaan dan kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi kerja sebagai pemediasi dalam hubungan antara desain pekerjaan dan kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Dalam penelitian ini sebanyak 90 orang pegawai yang menjadi responden yang diambil menggunakan metode proportional cluster random sampling. Penelitian dianalisis dengan mendeskripsikan dan menganalisis tanggapan responden dengan menggunakan regresi pemediasi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa secara keseluruhan desain pekerjaan, dan kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu sudah baik. Pegawai juga memiliki motivasi kerja yang tinggi dan baik dalam bekerja. Selanjutnya, berdasarkan analisis regresi pemediasi dapat diketahui juga bahwa motivasi memediasi pengaruh pengaruh desain pekerjaan secara signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu. Saran yang diajukan oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu secara bergiliran mengikutkan pegawai dinas luar sehingga terbiasa dengan pekerjaan diluar tupoksi dan menambah wawasan pegawai. Selanjutnya, mengikutkan pegawai pada diklat sesuai bidang pekerjaan misalnya diklat tentang kurikulum, sehingga menguasai dengan baik pekerjaannya dan bisa meningkatkan pemahaman pegawai terhadap kesulitan tugas dalam penyelesaian pekerjaannya. Selain itu, mendelegasikan wewenang yang sesuai dengan pekerjaan pegawai, tetapi tidak bersifat strategis. Dengan demikian pegawai mampu mencarikan solusi dalam menyelesaikan masalah sulit dalam pekerjaan yang diberikan. Selanjutnya, atasan dan juga pegawai yang lebih senior memberikan pelatihan sambil melaksanakan pekerjaan sehari-hari (on the job training) pada pegawai yang dirotasi atau baru dipindahkan ke Bidang yang baru. Dinas Pendidikan Propinsi Bengkulu juga mewajibkan pegawai untuk menyelesaikan pekerjaan terutama berkaitan dengan keperluasan data. Dengan demikian ketika data dibutuhkan untuk penyelesaikan pekerjaan pegawai lain, maka sudah tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Mar 2015 15:58
Last Modified: 04 Mar 2015 15:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item