Jemikho, Duta and Darmansyah, Darmansyah and Sri , Warsono (2015) PENGARUH PRICE BUNDLING DAN LOYALTY PROGRAMS TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TV BERBAYAR DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-dut-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-dut-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Dalam bersaing para provider TV berbayar mengeluarkan produk-produk andalan mereka dengan chanel-chanel luar negri mulai dari berita, film, olahraga bahkan dengan menambahkan fasilitas internet cepat dalam paketnya. Tentu saja paket-paket tersebut memiliki perbedaan harga antara satu provider dengan yang lainya, tergantung dengan jenis dan jumlah chanel yang didapat. Banyanknya provider yang menyediakan chanel-chanel internasional namun tidak semuanya chanel terutama chanel premium masuk dalam paket standar atau basic. Dengan demikian pelanggan akan lebih merasa puas dan setia kepada penyedia jasa apabila pemaketan harga yang dilaksanakan oleh penyedia jasa dirasa nyaman dan memudahkan bagi konsumen. Kejadian ini menjadi suatu pekerjaan bagi manajemen agar terus berupaya mengkombinasikan keunggulan-keunggulan mereka untuk terus dapat menarik minat konsumen, sekaligus mempertahankan konsumennya. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan harga dan kombinasi paket yang diberikan karena ini merupakan salah satu faktor yang dapat menciptakan kepuasan pada diri konsumenTujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui pengaruh price bundling terhadap kepuasan konsumen TV berbayar di Kota Bengkulu; (2) Mengetahui pengaruh price bundling terhadap loyalitas konsumen TV berbayar di Kota Bengkulu; (3) Mengetahui pengaruh loyalty programs terhadap kepuasan konsumen TV berbayar di Kota Bengkulu; (4) Mengetahui pengaruh loyaty programs terhadap loyalitas konsumen TV berbayar di Kota Bengkulu; dan (5) Mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen TV berbayar di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan pay tv di Kota Bengkulu sebanyak 200 orang. Metode pengambilan sampel digunakan simple random sampling. Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tinggi rendahnya kepuasan konsumen pay tv di Kota Bengkulu dipengaruhi oleh price bundling yang diberikan, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,29 atau sebesar 29%; (2) Tinggi rendahnya kepuasan konsumen pay tv di Kota Bengkulu dipengaruhi oleh loyalty program, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,16 atau sebesar 16%; (3) Tinggi rendahnya loyalitas konsumen pay tv di Kota Bengkulu dipengaruhi oleh price bundling yang diberikan, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,22 atau sebesar 22%; (4) Tinggi rendahnya loyalitas konsumen pay tv di Kota Bengkulu dipengaruhi oleh loyalty program, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,16 atau sebesar 16%; dan (5) Tinggi rendahnya loyalitas konsumen pay tv di Kota Bengkulu dipengaruhi oleh kepuasan konsumen, dengan koefisien pengaruh sebesar 0,36 atau sebesar 36%. Dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, terdapat beberapa saran yaitu : (1) Provider pay tv di Kota Bengkulu harus berorientasi pada kepuasan pelanggan yang menyangkut perbaikan pelayanan, misalnya: menyediakan jasa pelayanan yang bervariatif artinya selalu melakukan inovasi-inovasi pelayanan, memperluas jaringan pelayanan dengan cara membuka cabang-cabang baru di lokasi- lokasi strategis, dan sebagainya; (2) Provider pay tv di Kota Bengkulu harus berupaya menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan tepat waktu, memberikan pelayanan sesuai nomor antrian dan menyediakan kenyamanan ruang tunggu selama konsumen menunggu antrian; dan (3) Menindak lanjuti dengan serius komplain-komplain pelanggan atas pelayanan yang diberikan, sehingga menambah kepercayaan pelanggan terhadap kapabilitas dan citra usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 05 Mar 2015 14:28 |
Last Modified: | 05 Mar 2015 14:28 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10582 |
Actions (login required)
View Item |