PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PROF. DR. HAZAIRIN, SH BENGKULU

Marsito, Edi and Darmansyah, Darmansyah and Seprianti , Eka (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS PROF. DR. HAZAIRIN, SH BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-edi-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-edi-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perguruan tinggi merupakan salah satu organisasi penghasil jasa pendidikan yang diharapkan dapat mewujudkan sumber daya manusia melalui system dan hasil pendidikan yang berkualitas. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, diperlukan Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kualitas pendidikan dalam sebuah instansi pendidikan adalah dengan cara mengevaluasi kualitas pelayanan jasa pendidikan. Pada perguruan tinggi, evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan mengetahui apakah terdapat perbedaan atau gap kualitas jasa pendidikan yang diharapkan oleh mahasiswa. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Prof. Hazairin, SH Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat bagimana kinerja layanan pendidikan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy yang diberikan oleh Universitas Prof, Hazairin, SH dan mengukur tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Prof, Hazairin, SH yang sedang mengeyam pendidikan. [ Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan survey.Data yang digunakan adalah data primer yakni dengan menyebarkan kuesioner kepada 250 responden, responden terdiri dari mahasiswa Universitas Prof, Hazairin, SH. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan statistic dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi kualitas jasa yang terdiri dari Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Hal ini dikarenakan perhatian Universitas sebagai penyedia jasa dirasakan baik dalam menjalankan pelayanan jasa pendidikan. Sedangkan Tangibel belum mampu mempengaruhi kepuasan mahasiswa secara signifikan Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas penunjang seperti perpustakaan, ruang baca, dan laboratorium masih kurang menurut para mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 05 Mar 2015 14:53
Last Modified: 05 Mar 2015 14:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item