ANALISIS PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDY EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Sari, Ela Puspita and Kamaludin, Kamaludin and Kananlua, Paulus Sulluk (2015) ANALISIS PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDY EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ela-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ela-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB)

Abstract

Bank adalah lembaga keuangan yang menjual kepercayaan dan dihadapkan pada banyak resiko sehingga bank harus mengelolanya dengan baik dan prudential serta dituntut untuk transparan dalam penyampaian laporan keuangannya. Untuk menjaga hal tersebut maka kemampuan bank untuk memiliki kinerja keuangan dan tata kelola perusahaan (good corporate governance) yang baik menjadi hal yang penting. Kajian mengenai corporate governance meningkat dengan pesat seiring dengan terbukanya skandal keuangan berskala besar seperti skandal Enron, Tyco, Worldcom, Merck, Global Crossing mayoritas perusahaan lain di Amerika Serikat (Cornett,et.al. 2006) yang melibatkan akuntan, salah satu elemen penting dari good corporate governance. Maka sulit dipungkiri bahwa selama tahun-tahun terakhir ini, good corporate governance sangat popular. Tak hanya popular, tetapi good corporate governance tersebut juga ditempatkan di posisi terhormat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2007-2013. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, ukuran dewan direksi, dewan komisaris, dewan komisaris independen, CAR, kualitas audit, ukuran perusahaan. Dan nilai perusahaan yang diproksikan dengan nilai Tobins’Q dan PBV. Sampel penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang listing di BEI pada tahun 2007-2013. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan jumlah sampel yang digunakan dan diperoleh sebanyak 19 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Model regresi berganda dan statistik deskriptif digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap Tobins’Q, sedangkan variabel kualitas audit berpengaruh negative terhadap Tobins’Q dan variabel CAR berpengaruh positif terhadap Tobins’Q. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan pemerintah, ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, CAR, kualitas audit, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap PBV.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 05 Mar 2015 15:22
Last Modified: 05 Mar 2015 15:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10585

Actions (login required)

View Item View Item