PERILAKU KUAT TEKAN DINDING PASANGAN BATA MERAH KOTA BENGKULU (STUDI TERHADAP BATA MERAH DI KECAMATAN SELEBAR DAN KECAMATAN MUARA BANGKAHULU)

Williansyah, Yofie and Agustin , Gunawan and Elhusna, Elhusna (2015) PERILAKU KUAT TEKAN DINDING PASANGAN BATA MERAH KOTA BENGKULU (STUDI TERHADAP BATA MERAH DI KECAMATAN SELEBAR DAN KECAMATAN MUARA BANGKAHULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-yof-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-yof-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kuat tekan pasangan dinding bata dan perilaku kuat tekan pasangan dinding bata ketika diberi beban. Metode pembuatan dan pengujian pasangan dinding bata ini sesuai dengan SNI 03-41641996. Bata merah yang digunakan berasal dari pabrik bata Kecamatan Selebar dan Kecamatan Muara Bangkahulu. Setiap kecamatan diambil 2 pabrik bata yang memproduksi bata terbanyak. Hasil penelitian menunjukkan kuat tekan pasangan dinding bata rata-rata Kecamatan Selebar pabrik S1 dan S2 berturut-turut sebesar 0,00774 MPa dan 0,00563 MPa, Kecamatan Muara Bangkahulu pabrik M1 dan M2 berturut-turut sebesar 0,01987 MPa dan 0,00397 MPa. Nilai kuat tekan pasangan dinding bata rata-rata Kecamatan Muara Bangkahulu lebih besar 78,18% dari Kecamatan Selebar. Pola retak yang timbul pada pengujian kuat tekan pasangan dinding bata kebanyakan berbentuk retak lurus vertikal sejajar siar tegak. Retak pertama terjadi di siar horizontal baru diteruskan ke bata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Mar 2015 08:42
Last Modified: 09 Mar 2015 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10592

Actions (login required)

View Item View Item