RANCANG BANGUN APLIKASI “BATIK KU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BATIK BENGKULU BERBASIS DESKTOP UNTUK ANAK USIA DINI

Hidayat , Rachmat and Ernawati, Ernawati and Boko , Susilo (2015) RANCANG BANGUN APLIKASI “BATIK KU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BATIK BENGKULU BERBASIS DESKTOP UNTUK ANAK USIA DINI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-rah-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-rah-FT.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini telah membawa perubahan pesat dalam aspek kehidupan manusia. Salah satu yang mendapatkan dampak cukup berarti dalam perkembangan IPTEK adalah bidang pendidikan, di mana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi antara guru kepada siswa yang berisi informasi-informasi pendidikan melalui media pembelajaran sebagai sarana penyedia ide, gagasan dan materi serta dapat menjadi sarana mengembangkan kognitif anak terutama anak usia dini. Salah satu media yang dapat menjadi sarana mengembangkan kognitif anak usia dini adalah media pembelajaran menggambar. Batik merupakan salah satu objek yang dapat digunakan dalam media pembelajaran menggambar karena batik sebagai salah satu produk seni budaya bangsa Indonesia sekarang ini berkembang dengan baik dan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat dunia. Dengan menggunakan batik dalam media pembelajaran menggambar secara tidak langsung dapat menjadi suatu proses pelestarian dan pengembangan batik. Maka dari itu penulis membangun sebuah media pembelajaran menggambar batik Bengkulu berbasis Java desktop yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan lokal yaitu batik Bengkulu kepada anak usia dini. Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Sedangkan untuk merancang sistem penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah media pembelajaran menggambar batik Bengkulu untuk anak usia dini yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan lokal yaitu batik Bengkulu. Pengujian media pembelajaran telah dilakukan di PAUD Gajah Mada dengan tingkat keberhasilan terhadap pengenalan batik bengkulu dengan kategori “ baik ”.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 12 Mar 2015 11:36
Last Modified: 12 Mar 2015 11:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item View Item