IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN LIMIT PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL

Rahimah, Dewi (2015) IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL POKOK BAHASAN LIMIT PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL. EXACTA, 12 (2). pp. 45-51. ISSN 1412-3617

[img] Text (Thesis)
Dewi Rahimah - Jurnal Exacta Vol. 12 No. 2, Desember 2014.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan yang dominan dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan limit pada mata kuliah kalkulus diferensial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitaif yang menggunakan metode deskriptif. Kesalahan yang dominan dilakukan mahasiswa pada penyelesaian soal pokok bahasan limit pada mata kuliah kalkulus diferensial adalah sebagai berikut : (1) Pada penyelesaian soal tentang menentukan nilai limit pada suatu titik pada gambar grafik suatu fungsi : menyatakan nilai limit tidak ada; (2) Pada penyelesaian soal tentang nilai limit suatu fungsi trigonometri : kesalahan rumus trigonometri dan kesalahan hasil perhitungan; (3) Pada penyelesaian soal tentang nilai limit di tak hingga suatu fungsi : kesalahan operasi aljabar; (4) Pada penyelesaian soal tentang nilai limit suatu fungsi : mensubstitusikan c ke dalam f(x); (5) Pada penyelesaian soal tentang kontinuitas suatu fungsi di suatu titik : kesalahan membuat kesimpulan. Sedangkan pada penyelesaian soal tentang nilai limit kiri dan limit kanan suatu fungsi di suatu titik tidak ada kesalahan yang memiliki persentase yang signifikan..

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Mar 2015 16:13
Last Modified: 19 Mar 2015 16:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10623

Actions (login required)

View Item View Item