Pembelaiaran Notasi Musik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Kasus Mata Pelaiaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 7 di SMPN 11 Kota Bengkulu)

Gratia, Putri Sola and Asahar, Johar and Funny, Farady Coastera (2015) Pembelaiaran Notasi Musik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Kasus Mata Pelaiaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 7 di SMPN 11 Kota Bengkulu). Rekursif, 3 (1). pp. 36-42. ISSN 9-772303-075009

[img]
Preview
Text
Rekursif-Pembelajaran Notasi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknologi sebagai alat bantu belajar mengajar disebut pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komutrikasi (TIK). Salah satu mata pelajaran yang sefing mengalami kendala adalah pembelajaran notasi musik. Oleh karena itu pada penelitian ini dibangun sebuah pembelajaran notasi musik berbasis TIK yang diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut. Media pembelajaran yang dibangun dengan bahasa pemrograman PFIP (Adobe Dreamweavef CS5) dan Action Script (Macromedia Flash 8) serta pengolahan ddtabase MYSQL ini dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 4,53. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian kelayakan yang menggunakan skala likert dengan presentase aspek tidak baik 0%o, kurang baik 1,67 Yo, baik 36,45 o/o, dan sangat baik 61,87 7o. Berdasarkan hasil perbandingan nilai ujian ketika mengikuti pembeiajaran konvensional dan nilai ujian setelah menggunakan pembelajaran berbasis TIK, nilai rata-rata siswa meningkat 13,4 angka. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran notasi musik berbasis TIK ini layak untuk diimplementasikan sebagai bahan ajar guru dan bahan belajar siswa di luar waktu sekolah.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:48
Last Modified: 04 Apr 2019 07:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item