Mardiati, Melan and Bambang , Sahono and Wachidi, Wachidi (2015) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 UJAN MAS). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-mel-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (11MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-mel-FK.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (14MB) |
Abstract
Salah satu ilmu pengetahuan yang sangat berguna dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari–hari adalah matematika. Matematika juga berguna dalam upaya memahami ilmu pengetahuan lainnya. Hal ini sesuai dengan pandangan seorang ahli matematika, Karl Freidrich Gauss (dalam Sobel dan Evan : 2004 : 18) yang berpendapat bahwa “matematika adalah ratu dari ilmu pengetahuan”. Pendapat tersebut didukung oleh Prihandoko (2006:1) yang mengatakan bahwa “ matematika merupakan ilmu dasar yang sudah menjadi alat untuk mempelajari ilmu- ilmu lain”. Oleh karena itu penguasaan terhadap konsep matematika mutlak diperlukan dan konsep matematika harus dipahami dengan betul dan benar sejak dini. Permasalahan yang akan dibahas dalam tesis ini yaitu: (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dengan pendekatan RME pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 01 Ujan Mas? (2) Apakah ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 01 Ujan Mas? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi jika belajar dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dan jika belajar dengan pendekatan RME? (4) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah jika belajar dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dan jika belajar dengan pendekatan RME? Tujuan tesis ini untuk: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akibat pengaruh pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dengan RME pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 01 Ujan Mas. (2)Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 01 Ujan Mas. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi jika belajar dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dan jika belajar dengan pendekatan RME. (4) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah jika belajar dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dan jika belajar dengan pendekatan RME. Variabel penelitian terdiri dari: (1) Variabel perlakuan : pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) . (2) Variabel terikat : Hasil belajar matematika dan (3) Variabel moderator: Kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen faktorial 2 x 2. Dari analisis anava dua jalur dan uji t yang dilakukan ternyata : (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dan pendekatan RME. (2) Ada pengaruh interaksi antara pendekatan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian tinggi belajar dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dan siswa yang memiliki kemandirian tinggi belajar dengan pendekatan RME (A2B2) pada mata pelajaran matematika. (4) Tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian rendah belajar dengan pendekatan RME berbantuan aplikasi macromedia flash dan siswa yang memiliki kemandirian rendah belajar dengan pendekatan RME pada mata pelajaran matematika. Dari hasil belajar, dapat dikemukan beberapa saran yaitu: (1) Pengaruh pendekatan dan kemandirian belajar baik yang memiliki kemandirian tinggi maupun kemandirian rendah hendaknya dapat dijadikan acuan dalam pembuatan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Hendaknya guru dapat menggunakan berbagai pendekatan dalam proses pembelajaran sehingga meskipun siswa memiliki kemandirian belajar yang berbeda-beda, tetapi dengan pendekatan yang sesuai mereka akan mendapatkan kesempatan yang sama dalam memahami pembelajaran yang diberikan guru. (3) Hendaknya guru menyediakan atau menyajikan proses pembelajaran yang lebih sesuai untuk siswa yang memiliki kemandirian belajar sehingga tidak hanya siswa yang meiliki kemandirian belajar tinggi yang dapat memahami pelajaran, tetapi siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah tidak akan kesulitan dalam menangkap pelajaran karena pendekatan yang diberikan sesuai dengan karakter mreka yang lebih cenderung kepada pendengaran. siswanya dalam belajar matematika sebagai langkah awal membina dan meningkatkan hasil belajar mereka. (4) Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran macromedia flash dan tingkat kemandirian belajar siswa, serta analisis terhadap faktor-faktor psikologis lainnya yang diperkirakan sangat besar pengaruhnya pada hasil belajar kejuruan siswa untuk materi atau pokok bahasan serta tingkat pendidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 23 Mar 2015 14:12 |
Last Modified: | 23 Mar 2015 14:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10645 |
Actions (login required)
View Item |