PENGARUH KONSENTRASI MINYAK CENGKEH (EUGENIA AROMATICA) TERHADAP KELULUSAN HIDUP BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DALAM TRANSPORTASI

Indra, Gunawan and Setianto, Johan and Being , Brata (2015) PENGARUH KONSENTRASI MINYAK CENGKEH (EUGENIA AROMATICA) TERHADAP KELULUSAN HIDUP BENIH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DALAM TRANSPORTASI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ind-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ind-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Benih ikan merupakan faktor penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya suatu usaha budidaya ikan. Pada proses transportasi merupakan hal yang harus ditangani dengan benar untuk menekan angka mortalitas hal yang harus diperhatikan juga adalah kualitas dari benih tersebut. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul pengaruh konsentrasi minyak cengkeh (Eugenia aromatica) terhadap kelulusan hidup benih ikan nila (Oreochromis niloticus) dalam transportasi, dengan bertujuan untuk mengetahui konsentrasi minyak cengkeh yang terbaik pada persentase kelulusan hidup benih ikan nila dalam transoprtasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengambilan data secara observasi langsung di lapangan terhadap objek penelitian dengan empat perlakuan dan enam ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah konsentras iminyak cengkeh sebagai berikut Perlakuan A Tanpa pemberian minyak cengkeh; Perlakuan B Pemberian minyak cengkeh konsentrasi0,010 ml/l air; Perlakuan C Pemberian minyak cengkeh konsentrasi0,015 ml/l air; Perlakuan D Pemberian minyak cengkehkonsentrasi0,020 ml/lair. Pemberian minyak cengkeh sebagai bahan pembius berpengaruh terhadap respon tingkah laku benih ikan nila selama pembiusan. Pemberian minyak cengkeh sebagai bahan pembius berpengaruh terhadap tingkat kelulusan hidup benih ikan nila dalam transportasi. Tingkat kelulusan hidup dan kelangsungan hidup tertinggi yaitu 88,518% pada konsentrasi 0,015 ml/l air. Tingkat kelulusan hidup dan kelangsungan hidup terendah yaitu 71,48% pada konsentrasi 0,020 ml/l air atau 74,445% pada konsentrasi 0 ml/l air.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Mar 2015 08:54
Last Modified: 24 Mar 2015 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item