PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL FILM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PAGARALAM

Santoso, Budi and Dian Eka Chandra, Wardhana and Susetyo, Susetyo (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL FILM DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PAGARALAM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-bud-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-abd-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Menulis Puisi yang Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Film dengan Media Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pagaralam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Data diperoleh berupa hasil tes kemampuan menulis puisi siswa kelas X.3 berjumlah 33 orang yang Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Film dan siswa kelas X.4 berjumlah 28 orang yang menggunakan Media Pembelajaran Konvensional. Dari hasil analisis data, diketahui rata-rata kemampuan menulis puisi siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual film adalah 75,02 lebih baik daripada siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional yaitu 65,71. uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh dan pada taraf signifikan 5% berarti berada pada daerah penolakan karena < , hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar menulis puisi siswa yang menggunakan media pembelajaran audio visual film dengan penggunaan media konvensional terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 25 Mar 2015 09:17
Last Modified: 25 Mar 2015 09:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item