PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X-MIPA3 SMA NEGERI 1 PAGARALAM

Simanjuntak, Marta Riana and Dian Eka Chandra, Wardhana and Didi , Yulistio (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X-MIPA3 SMA NEGERI 1 PAGARALAM. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-mar-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-mar-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (24MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA3 SMA Negeri 1 Pagar Alam sebanyak 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik pengumpulan data mengunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus yang teridiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa menulis deskripsi dengan menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini di tandai dengan indikator keberhasilan nilai siswa rata-rata 68.75% pada siklus I dan meningkat 93.75% pada siklus II. Selain itu, hasil observasi dan wawancara mengalami peningkatan, yaitu siswa memiliki minat, perhatian, dan terlihat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 25 Mar 2015 16:16
Last Modified: 25 Mar 2015 16:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10692

Actions (login required)

View Item View Item