PERANAN LEMBAGA ADAT BENGKULU DALAM PENANGANAN MASALAH SOSIAL (STUDI KASUS DI KELURAHAN RAWAMAKMUR PERMAI KECAMATAN MUARABANGKAHULU KOTA BENGKULU)

Osira, Yessilia and Suplahan , Gumay and Cucu , Syamsudin (2015) PERANAN LEMBAGA ADAT BENGKULU DALAM PENANGANAN MASALAH SOSIAL (STUDI KASUS DI KELURAHAN RAWAMAKMUR PERMAI KECAMATAN MUARABANGKAHULU KOTA BENGKULU). AKSES, 11 (1). pp. 1-14. ISSN 1693-8356

[img] Archive (Article)
yessilia3.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penanganan permasalahan social, seperti pergaulan bebas/perselingkuhan, pencurian dan konflik antar warga membutuhkan keterlibatan aktif bukan hanya pemerintah tetapi juga masyarakat, termasuk di dalamnya adalah peran lembaga-lembaga social. Lembaga Adat Bengkulu lembaga social yang salah satu fungsinya adalah menangani permasalahan social di masyarakat. Penelitian tentang Peranan Lembaga Adat Bengkulu dalam Penanganan Masalah Sosial (Studi Kasus di Kelurahan Rawa Makmur Permai Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu) ini menunjukkan bahwa mekanisme kekeluargaan dan lebih mengedepankan “restorative justice”, yang dilakukan lembaga adat merupakan potensi dan kekuatan dalam penanganan masalah-masalah sosial.

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 26 Mar 2015 09:57
Last Modified: 26 Mar 2015 09:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10698

Actions (login required)

View Item View Item