ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PROYEK PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERKOTAAN (P2KP) DI KOTA LUBUKLINGGAU (STUDI KASUS DI KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN LUBUKLINGGAU BARAT II KOTA LUBUKLINGGAU)

Yanti, Fitri and Retno , A. Ekaputri and Lela , Rospida (2015) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PROYEK PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERKOTAAN (P2KP) DI KOTA LUBUKLINGGAU (STUDI KASUS DI KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN LUBUKLINGGAU BARAT II KOTA LUBUKLINGGAU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-fit-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-fit-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB)

Abstract

Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota, dan dampak perpindahan penduduk dari desa ke kota ini adalah menekan penghasilan kota, selain itu juga mengakibatkan kemiskinan kota. Untuk itu, pemerintah memandang perlu untuk memberikan bantuan kepada masyarakat miskin di perkotaan melalui Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP), termasuk di Kota Lubuklinggau, dalam bentuk dana pinjaman bergulir. Pada kelurahan Sidorejo jumlah dana yang disalurkan semakin bertambah setiap tahunnya, yang menunjukkab bahwa sebagian besar dana pinjaman juga dapat dikembalikan dengan lancar, yang berarti penyaluran dana pinjaman bergulir yang dilaksanakan di Kelurahan Sidorejo berjalan secara efektif. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai pelaksanaan program Proyek Penanggulangan Kemiskinan Di Perkotaan (P2KP) di Kota Lubuklinggau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan program P2KP di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Lubuk Linggau Barat II Kota Lubuklinggau; (2) Efektivitas pelaksanaan program P2KP di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Lubuk Linggau Barat II Kota Lubuklinggau. Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Sumber penelitian menggunakan data primer dan data sekunder, yang diperoleh dengan melalui penyebaran kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah perwakilan dari pelaku utama pelaksanaan program P2KP dan peserta penerima bantuan pinjaman Program P2KP. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memperoleh indeks efektivitas dan analisis kualitatif dengan tiga alur proses analisis data yang dilakukan secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk menganalisis hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penyaluran dana pinjaman bergulir P2KP di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Lubuk Linggau Barat II Kota Lubuklinggau dilakukan dalam enam tahapan : yaitu (a) pengajuan pinjaman, (b) pemeriksanaan pinjaman, (c) tahap putusan pinjaman, (d) tahap realisasi/pencairan pinjaman, (e) tahap pembimbingan, dan (f) tahap pengembalian pinjaman; (2) Pelaksanaan pinjaman bergulir yang dilakukan oleh P2KP sudah dijalankan secara sangat efektif pada kegiatan sosialisasi, penentuan sasaran, prosedur pencairan dan jumlah dana pinjaman bergulir, sedangkan pemanfaatan dan pengembalian dana pinjaman bergulir sudah dilaksanakan dengan cukup efektif. Secara keseluruhan pelaksanaan penyaluran dana pinjaman bergulir P2KP sudah dilaksanakan dengan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 30 Mar 2015 09:15
Last Modified: 30 Mar 2015 09:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10715

Actions (login required)

View Item View Item