PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA SD

Karjiyati, V and Endang , Widi Winarni and Feri , Noperman (2015) PENGEMBANGAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA SD. PGSD Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2). pp. 228-234. ISSN 1411-6960

[img] Text (Article)
Artikel Jurnal PGSD 2014b.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (304kB)

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah memberikan alternatif pelaksanaan pendidikan matematika yang bermakna, sedangkan target khusus yang ingin dicapai adalah memperoleh model Quantum Teaching dalam pembelajaran matematika menggunakan Realistic Mathematics Education (RME)untuk meningkatkan prestasi belajar, kreativitas, dan karakter siswa SD. Penelitian pengembangan dan penelitian ini dilaksanakan dalam jangka waktu dua tahun. Tahun pertama: (1)Mengidentifikasi dan mengembangkan konsep-konsep matematika dengan pendekatan RME; (2) Menyusun perangkat pembelajaran matematika model Quantum Teaching dengan pendekatan RME; (3) Melakukan validasi model oleh pakar, (4) Melakukan validasi empiris pada 6 kelas di 2 SD di Kota Bengkulu; (5) Revisi model pembelajaran dan instrumennya; dan (6) Seminar dan diseminasi melalui jurnal ilmiah. Berdasarkan simpulan diperoleh: (1) Kompetensi dasar matematika kelas IV, V,dan VI yang paling banyak dijadikan sebagai materi untuk pembelajaran model Quantum Teaching dengan RME, (2) Materi-materi pelajaran yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Quantum Teaching dengan RME adalah sebagai berikut: (a) Pecahan, (b) penaksiran, (c) FPB dan KPK, (d) operasi bilangan, (e) pengukuran sudut, waktu, suhu dan berat, (f) bangun datar, (g) bangun ruang, (h) Konsep keliling dan luas, (i) konsep volume, (j) statistika sederhana, dan (k) pemecahan masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep matematika, dan (3) pembelajaran matematika dengan model Quantum Teaching dengan RME berdasarkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa dapat meningkatkan pemahaman konsep, kreativitas dan pengembangan karakter siswa SD. Berdasarkan saran diperoleh: (1) dalam pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik menggunakan media pembelajaran yang bisa diotak-atik atau di bongkar pasang oleh siswa, (2) dalam pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching guru hendaknya mengalokasikan waktu lebih lama pada tahap alami, namai dan demostrasikan dan (3) Pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching dengan RME lebih baik jika menjalin kerja sama dengan Prodi PGSD untuk pemanfaatan laboratorium matematika sebagai sumber belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 01 Apr 2015 10:17
Last Modified: 01 Apr 2015 10:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item