Yuliansyah, Yuliansyah and Willy , Abdillah and Sri , Warsono (2015) ANALISIS PELAYANAN PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-yul-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-yul-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana kebakaran mempunyai perangkat daerah yang membidangi kebakaran sesuai dengan amanat UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, bahwa salah satu penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah pengurangan risiko bencana, Pengurangan resiko bencana kebakaran merupakan upaya sistematis untuk menerapkan dan mengembangkan kebijakan, strategi dan tindakan yang dapat mengurangi risiko kebakaran. Secara garis besar terdapat dua pendekatan yang digunakan untuk menilai kinerja pelayanan masyarakat, yaitu, pendekatan dengan melihat kinerja pelayanan dari perspektif pemberi layanan (Kantor Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu) dan pendekatan yang melihat kinerja pelayanan dari perspektif pengguna layanan (masyarakat), kedua pendekatan ini tidaklah dilihat secara terpisah, melainkan sebagai rangkaian kesatuan yang saling mempengaruhi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat pada layanan penanggulangan bencana kebakaran di Kantor Pemadam Kebakaran (KPK) Kota Bengkulu. Melalui metode penelitian Exploratif Riset dengan pendekatan deskriptif terhadap masyarakat korban kebakaran dan masyarakat disekitar korban kebakaran, diketahui bahwa rata-rata IKM pada 14 unsur pelayanan Penanggulangan Bencana Kebakaran adalah 2,82 dengan nilai konversi IKM 70,42 % dikatagorikan Mutu Pelayanan adalah “B” dan Kinerja Unit Pelayanan adalah “BAIK”, namun masih terdapat 4 unsur pelayanan dengan Mutu dan Kinerja Kurang Baik yaitu : 1) Kedisiplinan Petugas Pelayanan , 2) Tanggungjawab Petugas Pelayanan, 3) Kemampuan Petugas Pelayanan dan 4) Kecepatan Pelayanan, ke empat unsur tersebut disarankan agar Kantor Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu dapat memprioritaskan untuk diperbaiki dan meningkatkan kualitasnya guna mengurangi resiko bencana kebakaran. Sedangkan 8 unsur unit pelayanan lainnya yang telah termasuk dalam katagori Kinerja unit Pelayanan Baik dan 2 unsur unit pelayanan katagori kinerja sangat baik, kedepan perlu dipertahankan. Keterbatasan penelitian ini dilakukan hanya mencakup responden korban kebakaran dan masyarakat disekitar korban kebakaran pada tahun 2012 dan 2013, yang mewakili penerima pelayanan dalam wilayah Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 09:15 |
Last Modified: | 07 Apr 2015 09:15 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10751 |
Actions (login required)
View Item |