Yuliani, Yuliani and Willy , Abdillah and Trisna , Murni (2015) IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KREDIT KONSUMTIF OLEH ACCOUNT OFFICER DI BANK BENGKULU CABANG UTAMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-yul-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-yul-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Perkembangan perekonomian Propinsi Bengkulu khususnya dalam sektor jasa menciptakan sebuah persaingan yang semakin ketat tidak terkecuali pada sektor perbankan, dimana pada saat ini persaingan dalam dunia perbankan selain dari komponen penghimpunan dana juga penyaluran dana, baik di bank swasta maupun bank pemerintah/daerah. Terkadang masyarakat tidak lagi melihat margin dalam menentukan pilihan jasa perbankan mereka, tetapi bergantung pada pelayanan yang ditawarkan masing-masing perbankan, baik itu bank swasta maupun bank pemerintah/daerah. Untuk itu pihak perbankan berlomba-lomba untuk memberikan service excellent kepada nasabahnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) mereka, termasuk Bank Bengkulu. Bank Bengkulu merupakan bank daerah sesuai dengan Laporan Tahunan 2012 mempunyai kegiatan menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dari hal tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian yaitu bagaimana implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Kredit Konsumtif oleh Account Officer di Bank Bengkulu Cabang Utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Kredit Konsumtif oleh Account Officer di Bank Bengkulu Cabang Utama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini sebanyak 10 Account Officer dijadikan responden untuk mengisi kuesioner dengan metode sensus. Penelitian dianalisis dengan mendeskripsikan distribusi frekuensi, dan rata-rata (mean), serta berdasarkan hasil wawancara dengan responden secara kualitatif. tanggapan responden dan hasil wawancara, dapat diketahui bahwa Account Officer telah bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Kredit Konsumtif di Bank Bengkulu Cabang Utama dilihat dari unsur konsisten dengan sangat baik. Ini artinya Account Officer di Bank Bengkulu Cabang Utama meneliti data pemohon dan kebenaran data pemohon. Account Officer juga meneliti kemampuan debitur untuk membayar. Selain itu, Account Officer meneliti kegunaan kredit konsumtif yang diajukan debitur, dan meneliti keabsahan dan nilai agunan. Selanjutnya, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Account Officer telah menerapkan kebijakan mutu Standar Operasional Prosedur (SOP) Kredit Konsumtif di Bank Bengkulu Cabang Utama dengan sangat baik dilihat dari unsur aman. Ini artinya Account Officer melaksanakan dan menerapkan semua kebijakan mutu Standar Operasional Prosedur (SOP) secara benar dengan menerapkan ketentuan mengenai pemberian kredit. Selain itu, Account Officer menerapkan ketentuan mengenai administrasi kredit dan dokumen kredit. Account Officer juga menerapkan ketentuan mengenai sistem pengawasan yang baik atas pelaksanaan pemberian dan pengelolaan kredit yang lancar maupun yang bermasalah. Berikutnya, Account Officer menerapkan ketentuan mengenai batas maksimum pemberian kredit. Hal ini sejalan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kredit Konsumtif berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direksi Nomor 65/HP.00.02.04/D4/2004) dan telah memenuhi unsur aman. Saran yang diajukan oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada penelitian ini adalah pihak Bank Bengkulu Cabang Utama melalui Kepala Seksi Kredit untuk memerintahkan kepada Account Officer agar mengecek dan meneliti kembali data pemohon dan kebenaran data pemohon mencocokan antara nama, alamat, dan tempat tanggal lahir antara formulir, KTP dengan Taspen Calon Debitur. Account Officer melakukan konfirmasi ulang dengan calon debitur. Bank Bengkulu Cabang Utama melalui Kepala Seksi Kredit untuk memerintahkan kepada Account Officer agar secara teliti membandingkan (ratio) antara jumlah angsuran per bulan terhadap gaji/pendapatan bersih (take home pay) yang diterima agar didapat jumlah angsuran yang benar, dan menghindari kredit macet. Selanjutnya, secara berkesinambungan memberikan pelatihan Analisis Kredit bagi semua Account Officer. Bank Bengkulu Cabang Utama melalui Kepala Seksi Kredit adalah mengingatkan kepada Account Officer untuk selalu memanfaatkan Self Identification Debitur (SID) yang bersangkutan pada bagian pelaporan untuk mengetahui riwayat peminjaman debitur di bank lain. Selain itu, jika memang perlu Account Officer juga melakukan konfirmasi melalui bendahara gaji dinas yang bersangkutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 09:37 |
Last Modified: | 07 Apr 2015 09:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10752 |
Actions (login required)
View Item |