PENGARUH MANFAAT DAN KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP HASIL PEMASARAN HUBUNGAN PADA NASABAH BANK DI KOTA BENGKULU

Herdian, Ridhona and Lizar , Alfansi and Sri , Warsono (2015) PENGARUH MANFAAT DAN KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP HASIL PEMASARAN HUBUNGAN PADA NASABAH BANK DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-rid-FE.PDF - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-rid-FE.PDF - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (24MB)

Abstract

Berbagai macam strategi pemasaran telah diterapkan oleh bank-bank di Bengkulu seiring dengan semakin banyak munculnya bank-bank baru sebagai pesaing. Sering kita dengar ataupun kita lihat beberapa bank dikota Bengkulu yang rutin tiap periodenya memberikan hadiah-hadiah baik lewat undian maupun hadiah secara langsung bagi pemilik rekening bank tersebut seperti: uang, mobil, motor, atau barang-barang elektronik lainnya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan dan mempertahankan nasabahnya yang telah setia membuka rekening dibank tersebut. Akan tetapi adanya pengamatan yang dilihat pada sebagian bank-bank dikota Bengkulu tidak terlalu menggunakan momen seperti itu, atau lebih fokus kepada nilai manfaat hubungan dalam menggunakan jasa bank yang disebut dengan pemasaran hubungan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengukur pengaruh manfaat relasional pada relationship marketing outcomes pada nasabah di kota Bengkulu; (2) untuk mengukur pengaruh Kualitas Hubungan karyawan bank pada relationship marketing outcomes terhadap nasabah bank dikota Bengkulu; (3) Untuk mengukur pengaruh manfaat relasional yang terdiri atas manfaat kepercayaan, manfaat sosial, dan manfaat perlakuan khusus terhadap relationship marketing outcomes pada nasabah bank dikota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah bank yang ada dikota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah nasabah perorangan yang berjumlah 280 orang responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan secara convenience sampling atau sampel yang dipilih dengan pertimbangan kemudahan. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Modelling dengan bantuan program Excel dan AMOS 18. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) manfaat kepercayaan secara positif dan signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan jasa yang diberikan (2) manfaat kepercayaan tidak signifikan mempengaruhi secara positif terhadap komitmen pelanggan pada hubungan dengan pihak bank (3) manfaat kepercayaan tidak signifikan berpengaruh positif secara langsung terhadap kesetiaan pelanggan (4) manfaat sosial berpengaruh positif secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dengan jasa yang diberikan (5) manfaat sosial berpengaruh positif secara langsung terhadap komitmen pelanggan pada hubungan dengan penyedia jasa perbankan (6) manfaat sosial secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan (7) manfaat perlakuan khusus tidak signifikan berpengaruh positif secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dengan jasa yang diberikan (8) manfaat perlakuan khusus secara positif dan signifikan mempengaruhi komitmen pelanggan pada hubungan dengan penyedia jasa (9) manfaat perlakuan khusus tidak signifikan berpengaruh positif secara langsung terhadap kesetiaan pelanggan (10) kepuasan berpengaruh positif secara langsung terhadap komitmen pelanggan dan pengaruh tersebut signifikan (11) kepuasan secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan (12) kepuasan secara positif dan signifikan mempengaruhi komunikasi WOM pelanggan (13) komitmen secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan (14) komitmen secara positif dan signifikan mempengaruhi komunikasi WOM pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 07 Apr 2015 12:12
Last Modified: 07 Apr 2015 12:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item