PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK SWASTA DI BENGKULU

Herfianti, Meiffa and Effed , Darta Hadi and Trisna , Murni (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK SWASTA DI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-mei-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-mei-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu elemen penting dalam mencapai, mempertahankan dan meningkatkan organisasi. Karena keefektifan anggota- anggota organisasi dalam melakukan pekerjaan mereka tergantung pada pengaruh yang mereka terima dari pimpinan mereka. Dalam usaha meningkatkan kinerja karyawanya, pemimpin sebaiknya dapat mempengaruhi bawahannya supaya merasa senang dan bahagia, sehingga akan mempunyai keinginan untuk berkontribusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku-perilaku pemimpin tranformasional dan transaksional terhadap kinerja karyawan bank swasta di Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta- fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan angka-angka statistik. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Sebagai penunjang dimanfaatkan data sekunder yang diperoleh berupa informasi, data, dan laporan, referensi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti terutama data-data mengenai bank swasta di Bengkulu. Responden penelitian ini adalah karyawan bank swasta Bengkulu yang berjumlah 119 orang. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil sebagai : (1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank swasta di Bengkulu, yang berarti bahwa jika kepemimpinan transformasional semakin baik maka kinerja karyawan pun juga akan baik; (2) Kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank swasta di Bengkulu, yang berarti bahwa jika kepemimpinan transformasional semakin baik maka kinerja karyawan pun juga akan baik; dan (3) Secara simultan (bersama-sama) kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Bank swasta di Bengkulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 08 Apr 2015 10:20
Last Modified: 08 Apr 2015 10:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item