ANALISIS KEPUASAN KERJA DAN KOMPETENSI KARYAWAN (STUDI KOMPARATIF PADA KARYAWAN UNIT KREDIT PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK DAN PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK)

Jauhari, Gilang and Willi , Abdillah and Nasution, Nasution (2015) ANALISIS KEPUASAN KERJA DAN KOMPETENSI KARYAWAN (STUDI KOMPARATIF PADA KARYAWAN UNIT KREDIT PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK DAN PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-gil-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-gil-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan tidak terlepas dari peran pegawai. Pegawai bukan semata objek dalam pencapaian tujuan organisasi, tetapi juga menjadi subyek atau pelaku. Mereka dapat menjadi perencana, pelaksana, dan pengendali yang selalu berperan aktif dalam mewujudkan tujuan organisasi, serta mempunyai pikiran, perasaan dan keinginan yang dapat mempengaruhi sikapnya terhadap pekerjaan. Dalam interaksi tersebut, pegawai memberikan kontribusi kepada organisasi berupa kemampuan, keahlian dan keterampilan yang dimiliki, sedangkan organisasi diharapkan memberi imbalan dan penghargaan kepada pegawai secara adil sehingga dapat memberikan kepuasan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja dan kompetensi karyawan Unit Kredit PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bengkulu dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu dan mengetahui perbedaan kepuasan dan kompetensi karyawan Unit Kredit PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bengkulu dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu fenomena tertentu menggunakan perhitungan statistik dan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Bengkulu dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Bengkulu yang berjumlah 40 orang (20 orang Bank Mandiri dan 20 orang Bank BRI) dan diambil dengan teknik sensus. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis uji beda (independent sample t-test). Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil: (1) Terdapat perbedaan signifikan antara kepuasan karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Bengkulu dengan kepuasan kerja karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Bengkulu, di mana kepuasan kerja karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Bengkulu relatif lebih tinggi dan (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi kerja karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Bengkulu dengan kompetensi kerja karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bengkulu, yang berarti bahwa kompetensi karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Bengkulu dan karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Bengkulu relatif sama. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat diberikan beberapa saran konstruktif yakni : (1) Bagi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Bengkulu dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Bengkulu dapat mempertahankan kepuasan kerja dan meningkatkan kompetensi dalam berkerja seperti melaksanakan tugas/perintah atasan yang menjadi tanggung jawabnya sebaik mungkin, seperti dengan melakukan upaya pengembangan dan peningkatan kapasitas individu melalui pemberian pendidikan dan pelatihan khusus baik administrasi maupun teknis dan (2) Untuk meningkatkan kepuasan kerja, perlu pemenuhan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja seperti pemberian gaji yang sesuai, penciptaan iklim organisasi yang sehat, promosi jabatan yang fair dan transparan, hubungan kerja yang harmonis baik dengan bawahan maupun dengan atasan, dan penempatan karyawan sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 08 Apr 2015 15:07
Last Modified: 08 Apr 2015 15:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item