ANALISIS MOTIF KEPENTINGAN AKTOR PENYIMPANGAN PEMANFAATAN RUANG ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH BERIRIGASI TEKNIS DI KAWASAN DUSUN BESAR KOTA BENGKULU

Alimansyah, Alimansyah (2015) ANALISIS MOTIF KEPENTINGAN AKTOR PENYIMPANGAN PEMANFAATAN RUANG ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH BERIRIGASI TEKNIS DI KAWASAN DUSUN BESAR KOTA BENGKULU. In: Seminar Inovasi Teknologi Pertanian Ramah Lingkungan Spesifik Lokasi Mendukung Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Provinsi Bengkulu, 9 Desember 2013, Bengkulu.

[img] Text (Proceeding)
PROSIDING ANALISIS MOTIF KEPENTINGAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Wilayah Dusun Besar adalah daerah bidang budidaya beras irigasi teknis dari Danau Dendam Tak Sudah. Daerah ini dilindungi oleh Peraturan, namun sebenarnya banyak ruang di daerah ini tidak sesuai dengan peruntukkannya, seperti kondisi di lapangan banyak terjadi penyimpangan ke rumah- rumah, sarang walet, atau toko-toko. Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis motif pelaku fungsi transfer dari lahan sawah irigasi teknis di daerah Besar dusun dengan menggunakan metode deskiptif dan pendekatan kualitatif. Studi ini menunjukkan bahwa Dusun Besar adalah Area lahan pangan yang berkelanjutan dengan irigasi teknis dan dilindungi oleh peraturan. motif aktor yang menyebabkan deviasi ruang disebabkan oleh alasan ekonomi petani, pemilik lahan atau pembeli. Tapi, secara tidak langsung deviasi ruang ini disebabkan politik administrasi di Bengkulu. Hasil penelitian ini disarankan untuk mengatur hukum perlindungan bidang pertanian penerapan UU nomor 41 tahun 2009.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 17 Apr 2015 10:23
Last Modified: 17 Apr 2015 10:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item