PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SEMANGUS KAB MUSI RAWAS

Suantak, Suantak and Saleh , Haji and I , Wayan Dharmayana (2015) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SEMANGUS KAB MUSI RAWAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sua-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-sua-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan self concept, pemahaman konsep matematika siswa melalui pengunaan reciprocal teaching. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Semangus Kab. Musi Rawas dengan subjek penelitian kelasVIII dengan jumlah 29 orang siswa, prosedur pelaksanaan penelitian eksperimen terdiri dari 4 bagian, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan , (3) Observasi dan Pemantauan dan (4) analisis dan refleksi. Pemantauan ini dilakukan dalam belajar matematika dengan pengunaan reciprocal teaching. Materi yang diajarkan pada pertemuan dan pemberian pretes dan postes untuk mengetahui peningkatan self concept dan pemahaman matematik siswa. Analisis data dilaksanakan dengan membandingkan data hasil pretes dan postes. Setelah data dianalisis dapat disimpulkan bahwa dengan reciprocal teaching dapat meningkatkan self concept sebesar 42,2% dan peningkatan pemahaman konsep matematik siswa sebesar 46,5% setelah dilakukan pembelajaran dengan reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 06 May 2015 09:19
Last Modified: 06 May 2015 09:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10827

Actions (login required)

View Item View Item