PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SMA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU

Zuliana , Ria and Saleh , Haji and Badeni, Badeni (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SMA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, BERPIKIR KREATIF, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ria-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ria-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul matematika SMA berbasis pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Jenis penelitian adalah R&D (Research & Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 ahli media, 3 ahli materi, 2 praktisi pendidikan,1 guru matematika dan 37 siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Instrumen yang digunakan meliputi: (1) lembar validasi penilaian modul, (2) angket respon siswa, (3) soal tes hasil belajar, (4) lembar observasi aktivitas siswa . (5) lembar observasi aktivitas guru, (6) lembar observasi pengelolaan pembelajaran, (7) soal tes kemampuan berpikir kritis, (8) soal tes kemampuan berpikir kreatif, dan (9) angket kemandirian belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul matematika SMA berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid dengan nilai Va = 4,19, tingkat kepraktisan termasuk kategori praktis dengan nilai rata-rata 3,07, dan efektif yang ditinjau dari presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 78,38% dengan kategori tinggi, pencapaian presentase waktu ideal untuk setiap kategori aktivitas siswa dan guru terpenuhi, serta kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 3,74, presentase tingkat kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 76,28% dengan kategori tinggi, presentase tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai 75,75% dengan kategori tinggi, dan presentase tingkat kemandirian belajar siswa mencapai 76,44% dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 06 May 2015 10:11
Last Modified: 06 May 2015 10:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item